Cara Buat dan Ganti Nada Dering WA Unik dengan Aplikasi dan Online, Gratis!

Denok Karisma

Cara Buat dan Ganti Nada Dering WA Unik dengan Aplikasi dan Online, Gratis!

Netz.id – Sebagaimana yang telah diketahui bahwa nada dering WA bisa diganti sesuai dengan keinginan dari penggunanya. Bahkan yang sekarang banyak dilakukan oleh para pengguna adalah mengganti nada dering tersebut dengan suara Google.

Memang bisa mengganti nada denring Whatsapp dengan aplikasi online? Untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak pembahasannya berikut ini.

Apakah Nada Dering WhatsApp Bisa Ganti?

Mungkin beberapa dari kamu masih belum mengetahui bahwa nada dering WhatsApp bisa diganti. Aplikasi yang dirilis di tahun 2009 ini memungkinkan para pengguna untuk mempersonalisasi setiap fitur WA pribadi, termasuk salah satunya adalah mengubah nada dering.

Dimana Menu untuk Mengubah Nada Dering WhatsApp?

Mengubah nada dering dapat dilakukan melalui salah menu yaitu menu Pengaturan. Pada menu tersebut, para pengguna akan dibebaskan untuk melakukan pengaturan terhadap nada dering pesan pribadi dan grup sampai dengan panggilan masuk.

Apakah Bisa Mengubah Nada Dering Buatan Sendiri?

Jawabannya bisa, kamu dapat memanfaatkan situs web gratis untuk membuat beberapa nada dering. Salah satunya yang sekarang banyak digunakan adalah suara Google dengan menggunakan Sound of Text.

Cara Membuat dan Mengganti Nada Dering WA dengan Suara Google

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kamu bisa mengganti nada sering WhatsApp dengan suara Google. Lalu, bagaimana caranya? Tak perlu bingung, kamu bisa memanfaatkan situs web yang bernama Sound of text.

Sound of Text merupakan sebuah tool yang berbasis website, dengan menggunakan situs ini maka pengguna bisa mengubah teks dengan kata-kata ternetu untuk menjadi audio suara Google. Selanjutnya, audio suara Google tersebut bisa dipakai untuk menjadi nada sering WhatsApp.

Baca Juga  Getcontact Mod Apk Full Unlocked Premium Unlimited Gratis Tanpa Bayar

Hal tersebut sekarang ini banyak sekali dilakukan oleh para pengguna WA. Bagaimana, kamu tertarik? Jika tertarik untuk mengganti nada dering WhatsApp dengan suara Google, silakan simak cara melakukannya di bawah ini.

  1. Membuat Audio Suara Google
  • Siapkan Browser

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Sound of Text hanya tersedia dalam bentuk website, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menyiapkan browser. Kamu dapat menggunakan browser apapun seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, atau lainnya. Sesuaikan dengan yang biasa kamu gunakan.

  • Kunjungi Situs Sound of Text

Jika kamu telah menyiapkan browser yang akan digunakan, selanjutnya adalah mengunjungi laman website dari Sound of Text. Situs tersebut memiliki alamat yaitu https://soundoftext.com/. Untuk mengunjugi URL tersebut maka kamu perlu ikuti caranya dibawah ini:

  • Klik address bar yang terdapat pada browser, umumnya berada dibagian atas.
  • Ketikkan alamat soundoftext.com.
  • Tekan Enter atau Go di keyboard.
  • Tunggu beberapa saat hingga pencarian menampilkan halaman utama dari situs Sound of Text.
  • Masukkan Teks

Begitu situs sound of text selesai dimuat maka kamu akan langsung melihat halaman utama dari situs tersebut. Pada halaman utama tersebut kamu juga akan melihat text box. Yang perlu kamu lakukan hanya memasukkan teks yang akan diubah menjadi suara yang nantinya akan dijadikan sebagai nada dering WA ke dalam box tersebut.

Kamu bisa mengetikan kata-kata apa yang akan menjadi nada dering WhatsApp milikmu. Namun, perlu kamu ingat kembali bahwa jumlah karakter dibatasi sebanyak 200. Dengan begitu bila telah mencapai karakter ke-200 maka kamu tak akan dapat mengetik teks lagi.

  • Pilih Bahasa

Setelah kamu mengetikkan teks yang akan diubah menjadi suara, selanjutnya adalah memilih jenis bahasa. Pilihan bahasa akan tampil dibagian Voice. Pastikan kamu memilih bahasa yang tepat supaya output audio tersebut sesuai dengan yang diinginkan.

  • Konversi Teks Menjadi Audio
Baca Juga  Cara Membuat Info WhatsApp Kosong di IPhone Tanpa Aplikasi

Untuk mengonversi teks menjadi audio maka caranya cukup mudah yaitu kamu hanya perlu mengklik tombol Submit.

  • Download Mp3

Audio hasil konversi akan ditampilkan pada bagian bawah, tepatnya di section dengan nama Sounds. Untuk mendengarkan dari hasil konversi tersebut kamu bisa mengklik tombol menu Play.

Pastikan bahwa audio tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika belum sesuai, kamu bisa mengulangi langkah 3 hingga 5.

  1. Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Suara Google

Setelah kmau berhasil mendownload audio yang sudah dibuat menggunakan Sound of Text, selanjutnya adalah mengganti nada dering WA dengan audio tersebut. Bagaimana caranya? Ikuti langkahnya sebagi berikut ini:

  • Audio suara Google yang telah kamu download biasanya akan masuk ke folder unduhan di perangkat yang digunakan. Biasanya kamu bisa mengaksesnya di aplikasi File Manager.
  • Untuk mengganti nada dering WhatsApp dengan audio dari hasil download, biasanya setiap perangkat ponsel akan mempunyai cara yang berbeda-beda.

Untuk HP Xiaomi misalnya, mengganti nada dering WA dengan audio yang bersumber dari download caranya dengan akses ke menu Pengaturan.

  • Berikutnya, pilih menu pengaturan Notifikasi & Pusat Kontrol kemudian klik opsi Notifikasi Aplikasi.
  • Selanjutnya, buka aplikasi WA dan klik menu Notifikasi
  • Setelah itu, pilih Suara dan klik Nada Dering Lokal
  • Terakhir, bula File Manager dan pilih audio suara Google yang sebelumnya telah kamu download, lalu klik Terapka
  • Nada dering dengan suara Google yang kamu buat sudah bisa kamu terapkan untuk nada dering WA

Cara Membuat Nada Dering WA dengan Shouter

Apakah bosan dengan notifikasi WA yang hanya itu-itu saja? Apakah kamu pernah berfikir untuk memakai nada dering WhatsApp sebut nama pengirimnya?

Baca Juga  Cara Membuat Centang 1 di WhatsApp Biasa Walaupun Sudah Dibaca

Selain terdengar begitu unik, memakai ringtone WA yang menyebut nama pengirim juga cukup membantu kamu ketika tak sedang berada didekat HP.

Jadi kamu akan mudah mengetahui siapa pengirim chat WA tersebut tanpa harus melihatnya terlebih dahulu. Wah, menarik bukan?

Namun, apakah kamu harus mendownload semua nada dering WhatsAp yang terdapat nama pengirim? Tentu saja hal tersebut sangat mustahil dilakukan. Lalu bagaimana cara melakukannya? Mudah saja, ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Unduh aplikasi Shouter di layanan Google Play Store dan kemudian memasangnya di perangkat yang kamu akan gunakan.
  2. Bukalah aplikasi tersebut kemudian pilih bahasa Indonesia sebagi bahasa default. Bila kamu tidak menemukan bahasa Indonesia, kamu harus mengubah bahasa default di pengaturan Android menjadi bahasa Indonesia.
  3. Berikan izin untuk akses yang diminta oleh aplikasi Shouter
  4. Pilih tombol Yes pada pop up Notification Access Needed yang ada di layar.
  5. Aktifkan iin akses notifikasi untuk aplikasi Shouter tersebut.
  6. Kembali lagi ke aplikasi Shouter kemudian pilih menu App Notification.
  7. Selanjutnya pilih Select Apps dan centang apa aplikasi WhatsApp
  8. Selesai dan nada dering WA akan menyebut nama pengirim setiap ada notifikasi.

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara mengganti dan membuat nada dering WA dengan mudah. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan keinginan. Bila sudah demikian maka notifikasi WA yang kamu miliki akan berbeda dan tentu saja unik dari yang orang lain miliki.

Tags

Bagikan

Also Read