Biar Tidak Dicurangi! Yuk Ketahui Cara Cek Hasil Perhitungan Suara Online Di KPU

Denok Karisma

Netz.id – Proses penghitungan suara masih berlangsung. Untuk mencegah terjadinya penipuan, masyarakat dapat memantau secara real time secara online.

Jika ingin mengetahui sebenarnya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Indonesia atau proses penghitungan suara secara keseluruhan, Anda bisa mengeceknya di situs resmi KPU. Akan sangat membantu jika Anda melaporkan jika nomornya berbeda dengan yang terdaftar di tempat pemungutan suara Anda.

Saat Anda masuk ke situs KPU, Anda akan melihat beberapa opsi untuk memverifikasi suara Anda.

Kemudian cukup pilih hasil audio yang ingin Anda lihat. Di sini Anda bisa mengecek perolehan suara KPU dari seluruh TPS di Indonesia, mulai dari hasil pemilu presiden, legislatif, hingga DPD.

Pilih jumlah suara yang ingin Anda lihat, lalu pilih opsi jumlah suara.

Selanjutnya, pilih wilayah Anda untuk memudahkan melihat penghitungan suara Anda. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa pilihan: Kabupaten, Kabupaten/Kota, Kabupaten, Kota, dan TPS tempat Anda tinggal.

Setelah itu, jumlah suara akan ditampilkan di halaman. Anda perlu mengetahui apakah data audio yang tercantum di website Anda tersedia atau masih diproses. Hal ini terjadi karena banyak TPS yang belum mengirimkan data, dan banyak data TPS yang terdapat tulisan “Masih Proses”.

Setelah nomor TPS Anda tercantum di sana, sekarang saatnya membandingkan hasil jajak pendapat Anda dengan hasil Formulir C. Cukup klik pada teks “Lihat hasil penyaringan Formulir C” di bagian bawah. Nantinya Anda akan melihat foto hasil Formulir C Anda yang diambil oleh petugas KPPS di TPS.

Jika Anda mengklik “Lihat Hasil Survei Formulir C” dan jumlahnya sama, berarti suara Anda dilaporkan secara akurat dan benar. Namun jika ada nomor yang berbeda, harap laporkan sebagai dugaan penipuan.

Baca Juga  Cara Cek No Simpati Sendiri Aktif atau Tidak dengan Mudah

Perlu diketahui, angka sebenarnya yang dimuat di situs KPU bukanlah hasil akhir Pemilu 2024, dan keterbukaan hasil TPS yang dilakukan KPU adalah untuk memastikan masyarakat mudah mengakses informasi.

KPU juga menyatakan, penghitungan suara akan dilakukan oleh KPPS, dan penjumlahan hasil, penghitungan suara, dan penetapan hasil pemilu akan dilakukan menurut tata cara yang berbeda dalam rapat umum umum yang diselenggarakan oleh PPK dan kabupaten/kota. KPU, KPU daerah, dan KPU didasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan.

Oh ya. Para desainer yang ingin mengetahui hasil penghitungan kecepatan terkini dapat mengeceknya di detikPemilu atau klik di sini. Selain hasil penghitungan suara sederhana pemilu presiden, pembaca juga bisa mengecek hasil penghitungan suara sederhana pemilu MPR 2024, dan informasi terkini terkait pemilu 2024 juga dapat dilihat di website detikPemilu.

Tags

Bagikan

Also Read