5 Cara Menyambungkan WiFi Tanpa Password di HP Android Paling Ampuh

Denok Karisma

5 Cara Menyambungkan WiFi Tanpa Password di HP Android Paling Ampuh

Netz.id – Berada di suatu tempat yang dilengkapi jaringan WiFi tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi setiap orang. Namun banyak juga yang enggan menanyakan password WiFi dengan alasan tertentu. Untungnya, sekarang sudah ada cara menyambungkan WiFi tanpa password yang sangat membantu.

Metodenya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau tanpa aplikasi. Namun salah satu cara yang paling aman dan tidak menimbulkan yaitu melalui scan barcode. Kamu tinggal melakukan scan barcode dari jaringan WiFi yang tersedia sehingga bisa langsung digunakan.

Cara Menyambungkan WiFi Tanpa Password Paling Mudah

Cara Menyambungkan WiFi Tanpa Password Paling Mudah

Untuk menyambungkan WiFi tanpa memasukkan kata sandi memang cukup mudah dilakukan. Kamu bisa menggunakan beberapa metode mulai dari scan barcode, aplikasi pihak ketiga, dan lain sebagainya.

Semua metode tersebut memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi jika diaplikasikan benar. Namun tidak disarankan untuk digunakan secara terus menerus karena merugikan pihak lain.

1. Melalui AndroDumpper

Setiap pengguna smartphone bisa menyambungkan jaringan WiFi terdekat tanpa memasukkan password. Namun dibutuhkan aplikasi pihak ketiga yang bernama APK AndroDumpper.

Cara kerja aplikasi ini yaitu mengacak kata sandi secara sistematis atau brute force attack. Teknik semacam ini sebenarnya sudah sangat populer di berbagai software atau aplikasi untuk mendapatkan password tertentu.

Inilah cara menyambungkan WiFi tanpa password lewat HP menggunakan AndroDumpper:

● Langkah pertama tentu harus download terlebih dahulu AndroDumpper disini.
● Lakukan instalasi aplikasi dengan sempurna pada perangkat.
● Jika sudah terpasang, buka aplikasi tersebut untuk mendeteksi WiFi yang tersedia.
● Klik Try Connect pada salah satu jaringan WiFi yang ingin disambungkan.
● Apabila muncul Warning, kamu bisa skip dengan klik Continue.
● Layar akan menampilkan dua opsi yang dapat dipilih sesuai keinginan, yaitu No Custom PIN atau Custom PIN.
● Pilih No Custome PIN untuk mempercepat proses penyambungan WiFi.
● Tunggu selama kurang lebih 15 sampai 30 detik.
● Apabila muncul tulisan Connection Succeeded berarti prosesnya berhasil.

2. Menggunakan Fitur WPS

Berbeda dengan sebelumnya, metode ini juga bisa digunakan untuk pengguna komputer atau laptop. Namun hanya berlaku jika router WiFi yang digunakan sudah support dengan fitur WPS.

WPS adalah sebuah fitur yang sudah banyak ditemukan pada perangkat jaringan modern. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menghubungkan perangkat pada jaringan WiFi tanpa memasukkan password.

Sedangkan cara menyambungkan WiFi tanpa password di laptop dengan fitur WPS yaitu:

● Buka terlebih dahulu pengaturan WiFi yang ada di komputer atau laptop.
● Pilih opsi Network WiFi yang ingin disambungkan.
● Jika sudah maka lanjutkan dengan klik tombol WPS.
● Tunggu selama beberapa detik sampai koneksi berhasil terhubung.

Meskipun cukup singkat, cara menyambungkan WiFi tanpa password ini sangat efektif. Hanya saja fitur WPS kemungkinan dapat dinonaktifkan sewaktu-waktu oleh pemiliknya.

3. Menggunakan WiFi Tester

Perangkat yang pernah terkoneksi dengan sebuah jaringan WiFi maka akan terus terhubung secara otomatis. Asalkan pemilik jaringan WiFi masih belum mengganti passwordnya dengan yang baru.

Lantas, bagaimana dengan jaringan WiFi yang belum pernah terhubung dengan perangkat? Jika sudah demikian maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menanyakan password kepada pemilik.

Baca Juga  Cara Membobol Password WiFi Lewat Google

Namun jika tidak ingin bertanya karena suatu hal maka tak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi khusus yang bernama WiFi Tester dengan langkah seperti berikut:

● Unduh aplikasi WiFi Tester di Google Play Store dengan klik disini.
● Tunggu proses download selama beberapa saat. Lalu buka aplikasi tersebut dan pilih Check WPA_Cli pada halaman utama.
● Jika sudah maka aktifkan koneksi WiFi yang ada di perangkat.
● Nantinya akan muncul beberapa jaringan WiFi yang dapat dipilih.
● Untuk WiFi yang memiliki gembok putih, maka dipastikan jaringan tidak dapat diakses. Namun jika gemboknya berwarna hijau sudah pasti bisa diakses dengan mudah.
● Langkah selanjutnya yaitu dengan pilih menu Try Connect.
● Perangkat akan memasukkan kata sandi secara otomatis sehingga bisa terhubung.

4. Menggunakan WPSApp

Tetangga di sekitar rumah kamu punyai WiFi? Jika iya maka ada cara yang dapat dicoba untuk menyambungkan perangkat ke WiFi tetangga yang belum terhubung. Hanya saja masih dibutuhkan aplikasi tambahan yang akan membantu kamu dalam menjalankan prosesnya yaitu WPSApp.

Cara menyambungkan WiFi tanpa password dengan WPSApp dikenal sangat ampuh dan cepat. WPSApp sudah bisa diunduh dengan mudah melalui Play Store sehingga tidak akan memberikan resiko untuk perangkat.

Kelebihan lainnya memiliki tampilan user friendly sehingga mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Berikut adalah tutorialnya yang dapat dilakukan dengan cukup mudah:

● Kamu bisa download dan install WPSApp terlebih dahulu di Play Store. Selain itu, bisa juga dengan cara klik link disini.
● Langsung buka aplikasi tersebut jika berhasil terpasang di perangkat.
● Jika sudah maka aktifkan WiFi yang ada di smartphone kamu.
● Lalu akan muncul beberapa jaringan WiFi pada perangkat. Pastinya bisa pilih salah satu WiFi yang paling dekat.
● Lanjutkan dengan memilih opsi No Root.
● Tunggu sampai aplikasi berhasil menyambungkan jaringan WiFi.
● Jika sudah selesai, perangkat sudah bisa masuk pada jaringan WiFi tetangga yang sudah dipilih.

5. Menggunakan Scan Barcode

Mungkin banyak yang belum tahu kalau fitur scan barcode dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan WiFi gratis. Hanya saja kamu perlu mengetahui barcode WiFi yang ingin diincar terlebih dahulu.

Barcode ini sendiri biasanya dapat diakses secara langsung pada laman pengaturan. Maka dari itu, kamu membutuhkan setidaknya dua perangkat untuk menggunakan cara scan password WiFi ini.

Jika sudah penasaran, langsung saja simak panduan caranya yang cukup sederhana berikut ini:

● Pertama aktifkan terlebih dahulu smartphone yang ingin digunakan.
● Lanjutkan dengan masuk ke menu Pengaturan yang ada di perangkat.
● Pada menu Pengaturan, pilih menu WiFi.
● Apabila WiFi berhasil dibuka maka hubungkan smartphone dengan jaringan WiFi.
● Ketuk ulang nama jaringan WiFi yang terhubung dengan smartphone.
● Setelah itu, maka barcode akan segera muncul.
● Pada smartphone lainnya, buka aplikasi untuk melakukan scan kode QR.
● Kamu bisa mengarahkan pemindai QR di barcode WiFi yang sudah muncul.
● Tunggu selama beberapa detik sampai proses pemindaian berhasil.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya untuk Menghubungkan WiFi Tanpa Password

Rekomendasi Aplikasi Lainnya untuk Menghubungkan WiFi Tanpa Password

Ternyata masih banyak aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk menyambungkan WiFi publik. Penggunaannya sama seperti aplikasi sebelumnya karena kamu hanya perlu menginstalnya di smartphone.

1. Wiffinity

Wiffynitty menjadi aplikasi yang diandalkan pengguna untuk mendapatkan jaringan WiFi di lokasi sekitar. Aplikasi ini sudah dilengkapi peta interaktif yang akan menampilkan daftar hotspot Wifi secara lebih detail. Seperti misalnya nama WiFi, kecepatan koneksi, jarak, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung

Jika aplikasi sudah terpasang maka perangkat bisa disambungkan secara otomatis pada hotspot WiFi. Tak hanya itu, Wiffinity akan menyimpan WiFi favorit sehingga sangat berguna di kemudian hari.

2. WiFi Map

    WiFi Map menjadi aplikasi terbaik yang untuk menghubungkan jaringan WiFi tanpa memasukkan kata sandi. Pengguna akan dimudahkan untuk mendapatkan hotspot di sekitarnya sesuai dengan lokasi geografis.

    Aplikasi ini akan memberikan informasi yang lengkap seperti nama WiFi, ulasan dari pengguna lainnya, dan kekuatan sinyal. Sistem kerjanya yaitu mengumpulkan data dari pemilik WiFi yang membagikan WiFinya sukarela. Pengguna lain pun akan langsung terhubung meskipun tanpa password.

    3. WiFi Master Key

    WiFi Master Key memiliki fungsi lebih luas karena bisa terhubung ke jaringan WiFi di seluruh dunia. Aplikasi ini juga menampilkan daftar WiFi yang dibagikan oleh orang lain dengan informasi lengkap.

    Informasi tersebut meliputi ulasan dari pengguna sebelumnya, nama WiFi, dan kekuatan sinyal WiFi. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari WiFi terdekat dan menyambungkannya pada perangkat.

    Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan adanya fitur keamanan yang sangat membantu pengguna. Fitur tersebut akan melindungi privasi perangkat ketika terhubung pada jaringan WiFi publik.

    4. Osmino WiFi

    Cara menyambungkan WiFi tanpa password bisa dilakukan dengan bantuan Osmino WiFi. Aplikasi ini memiliki peta interaktif sehingga akan memudahkan pengguna dalam mendapatkan WiFi yang ada di sekitar.

    Perangkat bisa terhubung dalam WiFi yang sudah dipilih hanya dengan satu klik saja. Osmino WiFi juga akan menampilkan informasi yang penting seperti koneksi, ulasan pengguna, nama WiFi, dan lainnya. Informasi ini tentu bisa digunakan untuk memilih WiFi secara cepat dan akurat.

    5. WiFi Map

    WiFi Map menjadi aplikasi yang digunakan untuk berbagi informasi seputar WiFi. Aplikasi ini dijadikan sebagai tempat berkumpul orang-orang di seluruh dunia yang membantu pengguna untuk mendapatkan internet gratis.

    Pastinya bukan alat yang digunakan membobol WiFi, tetapi memberikan panduan sehingga pengguna bisa mengakses WiFi gratis. Kelebihan aplikasi ini bisa digunakan dalam kondisi tanpa jaringan alias offline.

    Aplikasi ini melibatkan VPN sehingga mampu mengakses WiFi publik secara lebih cepat dan aman. Bahkan juga mampu memetakan berbagai lokasi dengan akses WiFi secara terperinci ataupun tanpa koneksi internet.

    6. Aplikasi WPS Connect

    Pengguna yang sering mengakses WiFi publik secara gratis tentu tidak asing dengan WPS Connect. Namun jika ingin menggunakannya maka diharuskan untuk melakukan root pada perangkat.

    WPS Connect hanya dapat digunakan pada WiFi yang memiliki enkripsi WPS. Kelebihannya mampu mendeteksi adanya jaringan WiFi yang berada di lokasi sekitar secara terperinci.

    Tak cukup sampai disitu, WPS Connect akan memberikan informasi lain terkait tingkat keamanan jaringan WiFi. Aplikasi ini tidak terlepas dari kekurangan karena hanya efektif jika digunakan pada jaringan dengan level keamanan yang rendah.

    7. WiFi Warden

    Jika aplikasi sebelumnya dirasa masih kurang efektif maka kamu bisa beralih ke WiFi Warden. Aplikasi ini paling banyak digunakan karena memiliki kemampuan yang sudah terbukti untuk menyambungkan WiFi publik secara otomatis.

    Sistemnya memanfaatkan kerentanan pada WPS (WiFi Protected Setup) sehingga bisa mengakses WiFi publik. Aplikasi ini sudah dilengkapi berbagai fitur yang akan memberikan pengalaman internet kamu semakin nyaman.

    Fitur tersebut yaitu membuka aplikasi atau web yang diblokir dengan DNS, melihat perangkat lain yang terhubung dalam jaringan WiFi yang sama, menguji kecepatan internet dan lain sebagainya.

    Baca Juga  Cara Membobol Password WiFi Lewat Google

    Tips Aman Menggunakan Jaringan WiFi Tanpa Password

    Tips Aman Menggunakan Jaringan WiFi Tanpa Password

    Mengakses jaringan WiFi tanpa perlu memasukkan kata sandi memang sangat menguntungkan. Meskipun begitu, ternyata penggunaan WiFi ini melanggar privasi dan cukup beresiko untuk perangkat.

    Namun tak perlu khawatir, masih ada tips yang bisa digunakan untuk menggunakan WiFi dengan cepat dan nyaman. Beberapa tips sederhana yang bisa coba diterapkan yaitu sebagai berikut:

    1. Pilih Jaringan WiFi Secara Bijak

    Sebelum mengkoneksikan perangkat dengan jaringan WiFi di sebuah tempat biasanya akan muncul beberapa jaringan WiFi. Kamu bisa pilih salah satu nama jaringan secara bijak supaya tidak menimbulkan risiko nantinya.

    Pasalnya, para hacker banyak yang menggunakan nama WiFi mirip seperti WiFi di tempat tersebut. Tujuannya supaya para korban menjadi terkecoh sehingga terhubung dengan WiFi yang sudah dibuat. Maka dari itu, jika menjumpai nama yang sedikit mirip sebaiknya tidak disambungkan dengan perangkat.

    1. Mengaktifkan Firewall

    Firewall memiliki fungsi untuk memantau jaringan internet yang sudah masuk ataupun keluar. Proteksi yang diberikan mungkin tidak menyeluruh, tetapi Firewall dapat digunakan untuk mengakses WiFi dengan aman.

    Cara mengaktifkannya cukup mudah karena bisa masuk ke Control Panel kemudian pilih System and Security. Pada bagian bawahnya akan muncul opsi Firewall sehingga tinggal diaktifkan.

    1. Mengaktifkan Antivirus

    Jika kamu sering menyambungkan WiFi tanpa password di tempat umum maka perlu mengaktifkan antivirus. Antivirus sangat dibutuhkan untuk melindungi perangkat dari WiFi publik yang rentan dengan virus seperti Chameleon.

    1. Menggunakan Keamanan Tambahan

    Tips lain untuk menjaga perangkat agar tetap aman ketika menggunakan WiFi tanpa password yaitu dengan perlindungan VPN. VPN akan melakukan enkripsi data sebelum dikirimkan menuju router. Data-data tersebut tentu akan tetap tersembunyi sehingga dipastikan aman.

    Namun jika tidak memiliki VPN, kamu bisa menggunakan enkripsi pada ponsel dengan cara mengaktifkan Always Use Https. Pada intinya harus menggunakan HTTPS pada beberapa situs atau website karena dapat mengenkripsi data.

    Keuntungan Menggunakan WiFi Tanpa Password

    Cara menyambungkan WiFi tanpa password banyak dicari karena sangat menguntungkan untuk penggunanya. Jika berhasil dengan WiFi yang diincar, kamu akan merasakan berbagai keuntungan sebagai berikut:

    1. Mengatasi Permasalahan Keterbatasan Paket Internet

    Setiap kegiatan online yang dilakukan di internet sudah pasti membutuhkan banyak kuota. Jika kuota yang dimiliki habis secara mendadak, kamu harus membeli kuota untuk mengakses internet kembali.

    Namun hal tersebut tidak perlu dilakukan jika kamu sukses dalam menyambungkan perangkat ke jaringan WiFi. WiFi yang sudah tersambung bisa dinikmati untuk berselancar di internet secara gratis.

    Selain itu, akses WiFi ini bisa dibilang lebih stabil dan cepat jika dibandingkan dengan paket internet. Pastinya akan memberikan pengalaman terbaik karena tidak akan terasa lemot atau lamban.

    1. Lebih Menghemat Waktu

    WiFi yang ada di tempat publik biasanya dikunci sehingga kamu harus memasukkan password sebelum menggunakannya. Biasanya menggunakan password yang cukup panjang dan terkesan rumit. Secara tidak langsung proses ini akan membutuhkan waktu yang lama.

    Namun dengan adanya cara menyambungkan WiFi tanpa password, langkah tersebut dihilangkan. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti AndroDummper yang terpasang di perangkat.

    Aplikasi AndroDummper akan mendeteksi jaringan WiFi yang ada di sekitar secara cepat. Jika daftar WiFi sudah muncul maka bisa langsung di klik sehingga akan tersambung secara otomatis. Bahkan hanya perlu satu klik sehingga tidak akan memakan banyak waktu.

    1. Dapat Meningkatkan Mobilitas

    Keuntungan selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu mampu meningkatkan mobilitas pengguna. Perangkat bisa disambungkan dengan mudah di berbagai WiFi di tempat umum seperti restoran, mall, dan lain sebagainya.

    Perangkat tersebut akan langsung tersambung sehingga kamu tidak perlu lagi menanyakan atau meminta password. Pastinya akan tetap produktif ketika berpergian dimana saja tanpa perlu memanfaatkan data seluler.

    Cara menyambungkan WiFi tanpa password dibutuhkan ketika berada di tempat umum. Namun tindakan semacam ini termasuk ilegal karena hanya akan merugikan pihak lain. Selain itu, perangkat berisiko terkena malware dan virus sehingga disarankan untuk keadaan mendesak saja.

    Tags

    Bagikan

    Also Read