hero
Suasana Lokasi Venue Pon 2020 Papua, Kampung Harapan, Sentani, Jayapura, Papua, Kamis (16/4/2020). Menpora bersama Komisi X DPR sepakat menunda pelaksanaan PON XX Papua yang rencananya akan berlangsun

EDITOR : OCTOBRYAN

23 April 2020, 15:45 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menunda pelaksanaan PON (Pekan Olahraga Nasional) ke-20 tahun 2020 di Papua di tengah pandemi COVID 19. Sejatinya, pelaksanaan PON Papua akan berlangsung pada Oktober tahun ini.

Keputusan itu diambil dalam rapat kabinet terbatas, yang khusus membahas keberlangsungan PON di tengah wabah COVID 19. Dengan berbagai masukan dan pertimbangan, keputusan penundaan hingga Oktober 2021 itu akhirnya diambil.

Venue Pon Papua. (dok. Kemenpora)

"Tadi setelah mendengarkan laporan dari Menko PMK, kemudian kami Menpora, dan beberapa peserta rapat lainnya akhirnya bapak presiden memutuskan untuk pelaksanaan PON 20 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke-16 di Papua," jelas Menpora Zainudin Amali melalui keterangan tertulis kepada NET.Z, Kamis (23/4/2020).

Zainudin mejelaskan, sejumlah pertimbangan yang melatarbelakangi penundaan itu, yakni penyelesaian pekerjaan fisik yang terhenti akibat COVID 19. Sehingga semua venue belum bisa dituntaskan hingga tenggat waktu Oktober 2020 jika dipaksakan berlangsung.

Venue stadion atletik Timika. (Dok. Kemenpora)

Pendistribusian bahan-bahan bangunan terutama yang dari luar Papua, tidak bisa dilaksanakan. Selain provinsi tersebut juga kini tengah menutup akses masuk. Begitu pun dengan tenaga kerja yang dari luar Papua.

Tidak hanya itu, pengadaan peralatan untuk seluruh cabang olahraga, juga terkendala. Negara-negara yang diharapkan bisa mensuplai, mengalami kendala lantaran juga terkena wabah ini. 

Venue stadion atletik Timika. (Dok. Kemenpora)

Usulan dari beberapa pihak seperti KONI hingga seluruh cabang olahraga, DPR, termasuk dari pemerintah daerah, menurut Zainuddin itu juga menjadi bahan pertimbangan yang disampaikan ke Presiden Jokowi.

"Selanjutnya dari sisi kesiapan kontingen dengan kondisi ini, maka seluruh pelatihan-pelatihan yang terpusat di daerah atau pelatda itu terhenti dan sekarang mereka melakukan latihan secara mandiri," lanjutnya.

Venue stadion basket Papua. (Dok. Kemenpora)

Walau ditunda, kata Zainudin, pemerintah daerah Provinsi Papua menerima itu. Apalagi sebelumnya, pemda sudah mengirimkan surat ke Presiden Jokowi untuk mempertimbangkan penyelenggaraan PON.

"Mereka (Pemda Papua) menyambut baik karena sebelumnya Gubernur Papua mengirim surat pada 7 April kepada bapak presiden yang menyampaikan kondisi di lapangan dengan adanya wabah maka seluruh konsentrasi dan sumber daya di Papua diarahkan untuk penanganan COVID 19," jelasnya.

(BACA JUGAMudik Dilarang, Luhut: Orang Tidak Boleh Keluar-Masuk Jabodetabek dan Zona PSBB)

Dengan penundaan ini, maka diputuskan pelaksanaan PON ke-20 tersebut akan digelar pada Oktober 2021. Jeda satu tahun itu, menurutnya lantaran pada bulan-bulan lain juga ada agenda-agenda serupa seperti Piala Dunia U-20 di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

"Saya kira waktu satu tahun penundaan adalah yang ideal baik persiapan infrastruktur venue maupun persiapan kontingen beserta pengadaan alatnya," katanya.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments