hero
Anggota Sabhara Polres Jakarta Timur Brigadir Kepala Afif melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan motor hasil modifikasinya di pemukiman warga Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur. (

EDITOR : OCTOBRYAN

8 April 2020, 16:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Bagi Brigadir Kepala Afif, motto "Polisi Pengayom dan Pelindung Masyarakat" begitu melekat dalam kesehariannya. Betapa tidak, demi menjaga warga dari pandemi COVID-19, anggota Sabhara Polres Jakarta Timur ini rela memodifikasi motor kesayangannya untuk dijadikan alat semprot disinfektan keliling di Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Motor semprot keliling hasil inovasinya dibuat dengan sederhana, ia hanya perlu menambah plat untuk dudukan drum air disinfektan. Kemudian mesin penyemprot disinfektan dibuat menggunakan komponen dinamo yang dihubungkan ke aki motor.

Anggota Sabhara Polres Jakarta Timur Brigadir Kepala Afif melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan motor hasil modifikasinya di pemukiman warga Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur. (NET/Nova) 

Dengan motor disinfektan otomatisnya, Afif dapat menjangkau gang-gang sempit yang tidak bisa dilakukan kendaraan penyemprot lain seperti mobil pemadam kebakaran atau water cannon Polri. 

"Panggilan hati. Saya tinggal disini, orang tua disini, keluarga semua disini. Saya ingin inovasi ini bisa bermanfaat bukan hanya keluarga, tapi buat orang banyak. Agar semua sehat," ujar Afif kepada NET.Z, Rabu, (8/4/2020). 

Anggota Sabhara Polres Jakarta Timur Brigadir Kepala Afif melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan motor hasil modifikasinya di pemukiman warga Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur. (NET/Nova) 

Motor inovasinya dapat menampung 60 liter cairan disinfektan. Campuran Air, pemutih pakaian dan pewangi digunakan Afif untuk membuat bahan-bahan disinfektan. Maklum saja, Afif membeli sejumlah alat yang dibutuhkan dari kantong pribadinya. 

"Motor ini menjawab kebutuhan wilayah sempit, kalo mobil besar tidak bisa masuk gang. Ini tantangan sesuai arahan pimpinan Polri bahwa anggota harus berinovasi dalam menangkal penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat," terangnya. 

Anggota Sabhara Polres Jakarta Timur Brigadir Kepala Afif melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan motor hasil modifikasinya di pemukiman warga Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur. (NET/Nova) 

Warga menyambut baik inovasi Afif dan berharap hal itu bisa diterapkan di wilayah lain di Jakarta. Menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Provinsi DKI Jakarta merupakan wilayah paling terdampak penyebaran virus Corona di Indonesia.

(BACA JUGA: Dikritik Soal Penegakan Hukum Saat Pandemi COVID -19, Kapolri: Pro Kontra Hal Biasa)

"Inovasi ini efektif, bisa masuk gang sempit. Penyemprotan manual dari warga perlu 2-3 orang, kalau motor ini cukup satu orang dan simple," ujar Natsir salah satu warga Cipinang Besar Utara saat melihat motor inovasi Afif. 

Lebih lanjut, Afif tidak menolak jika motor inovasinya diadopsi untuk diterapkan di wilayah lain terutama kawasan padat dengan akses jalan sempit. Untuk warga yang tertarik menerapkan inovasi serupa, Afif dapat ditemui di Polres Jakarta Timur tempatnya berdinas. 

NOVA YULHENDRI

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments