hero
(NET/Slamet Lestioro)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

27 Februari 2020, 11:30 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Kreativitas membuat seseorang bisa melintasi benua dengan karyanya. Itu juga yang dilakukan oleh Noor Asif, warga asal Kasihan, Bantul, Yogyakarta yang mampu membuat alat penyeduh kopi manual. Ide awalnya muncul karena hobinya mengonsumsi kopi setiap hari. Alat buatannya bahkan telah dijual hingga, Malaysia, Singapura, Thailand, Dubai, Jerman, Meksiko, hingga Amerika Serikat. Semua pemasarannya menggunakan jejaring media social Facebook.

Alat pembuat kopi espresso karya Noor Asif. (NET/Slamet Lestioro)

Salah satu alat pembuat kopi espresso andalannya diberi nama Black Answer. Alat ini dibuat menggunakan beragam peralatan dapur. Hanya saja dengan sentuhan tangannya, perkakas dapur itu bisa disulap menjadi alat penyeduh kopi yang tak biasa dengan bentuk yang unik. Black Answer dibuat semanual mungkin tanpa menggunakan listrik ataupun alat modern lainnya. Karena penggunaannya hanya mengandalkan kompor atau bahkan tungku api.

Alat pembuat kopi espresso karya Noor Asif. (NET/Slamet Lestioro)

Selain bisa membuat espresso, alat ini juga bisa digunakan untuk meracik milk steam. Meskipun terkesan sederhana, namun alat buatan Noor Asif jadi buruan para barista. Harganya yang ditawarkan juga tidak mahal hanya berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp1 juta sesuai dengan model dan ukuran pesanan. Sementara harga mesin espresso modern mencapai Rp3 juta. Selisih inilah yang jadi alasan kenapa produk ciptaan Asif laku di pasaran.

Noor Asif. (NET/Slamet Lestioro)

“Harapan saya harganya bisa lebih rendah dibanding yg bermerk. Dengan alat manual, kita lebih  banyak belajar nyeduh kopi, semuanya manual bukan otomatis. Perlakuannya harus benar butuh perhatian,” kata Noor Asif.

Noor Asif menjamin jika rasa kopi yang diracik menggunakan mesin buatannya tidak mengurangi sedikitpun cita rasanya. Bahkan ia percaya bahwa dengan menggunakan peralatan manual, para barista bisa menciptakan cita rasa khas sesuai keinginan penggemar kopi. Selain Black Answer, ada juga berbagai alat lainnya yang ia hasilkan. Seperti V Filter Pour Over, Cattle Pour Over, Cold Brew Tower, serta Mocca Steamer. Semua karyanya ini diberi nama ‘Ngopi Wae’.

Dalam sebulan Noor Asif mampu memproduksi hingga 25 buah alat pembuat kopi manual. Keterbatasan orang yang membantu terkadang membuat ia menolak pesanan. Kecuali yang mau menunggu hingga dua bulan.

SLAMET LESTIORO

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments