hero
Presiden Jokowi (kedua kanan) didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya (kanan) serahkan SK Perhutanan Sosial di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim, Kab. Siak, Riau, Jumat (21/2/2020). (ANTARA FOTO/Sigid

EDITOR : REZA PAHLEVI

22 Februari 2020, 14:20 WIB

RIAU, INDONESIA

Presiden Joko Widodo menyerahkan 41 surat keputusan perhutanan sosial di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (21/02/2020).

41 SK Perhutanan sosial ini, untuk 20.890 kepala keluarga di Provinsi Riau yang mencakup pengelolaan lahan seluas 73.670 hektare lahan. Berupa 39 SK hutan desa dan hutan kemasyarakatan serta 2 hutan adat.

Presiden Jokowi pun meminta bagi penerima hak kelola, untuk menjadikan lahan yang sudah di berikan, produktif dan bisa dimanfaatkan untuk ekonomi keluarga.

“SK itu bisa di cabut. Jadi kalau enggak produktif akan kita minta kembali. Kita berikan kepada yang bisa menjadikan tanah itu sebagai produktif. Jadikan tanah-tanah yang diberikan itu menjadi produktif baik untuk tanam singkong tanam aren, tanam ekowisata sumber mata air, silakan. Saya serahkan kepada bapak ibu dan saudara saudara untuk mengelola tanah itu,” ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo (tengah) melakukan swafoto seusai menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (21/2/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Pemerintah memberikan akses pengelolaan sumber daya hutan, agar dapat digunakan secara produktif. Tujuannya untuk mengurangi potensi konflik dan ketimpangan kepemilikan lahan.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) hingga Februari 2020, penyerahan hak kelola hutan sosial mencapai  4.062 juta hektare. Dengan jumlah 6.464 unit SK dan 821.371 kepala keluarga penerima hak.

Dalam kunjungan kerja ini, Presiden Jokowi turut ditemani Menteri LHK Siti Nurbaya, Menter PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf  Kepresidenan Moeldoko. Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Provinsi Riau melakukan sejumlah agenda mulai dari peresmian pabrik, meninjau tol Pekanbaru-Dumai dan menyerahkan SK Perhutanan Sosial untuk masyarakat

ANDRE SAPUTRA 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments