EDITOR : OCTOBRYAN

29 Januari 2020, 18:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

“Siapapun yang tinggal di tempat sangat miskin, kehidupannya akan lebih baik jika mereka memelihara ayam"

Kira-kira seperti itulah ungkapan yang disampakan BIll Gates dalam tulisan  ‘Why Would I Raise Chickens’ di blognya Gatesnotes.  Pendiri Microsoft itu kagum dengan kehidupan orang-orang miskin yang memelihara ayam di beberapa negara yang pernah ia sambangi.

“Saya pernah bertemu orang-orang di negara miskin yang beternak ayam, dan saya juga belajar proses memelihara unggas ini. Sebagai bocah dari Seattle, saya memang sudah belajar banyak. Jelas sekali bahwa orang yang hidup dalam kemiskinan, lebih baik beternak ayam,” ungkapnya.

Perwakilan siswa menunjukan anak ayam yang diberikan Wali Kota Bandung Oded M Danial di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/11/2019). Pemerintah Kota Bandung meluncurkan program tahap pertama pemberian 2.000 anak ayam yang dibagikan ke 12 sekolah tingkat SD dan SMP di wilayah Kecamatan Gedebage dan Kecamatan Cibiru yang ditujukan untuk meminimalisir siswa agar tidak kecanduan gawai. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Bill mengungkap kenapa ayam menjadi pilihannya? pertama karena perawatan unggas ini mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Kedua, ayam memiliki nilai investasi yang baik. Ayam yang produktif akan rutin bertelur dan harga dagingnya juga cenderung meningkat. 

Alasan ketiga, baik telur atau daging ayam mengandung gizi dan protein yang tinggi. Keempat, di beberapa negara kawasan Afrika, wanita yang memelihara ayam memiliki kedudukan lebih tinggi. Mereka bisa ikut menambah penghasilan juga mengambil keputusan penting di keluarganya.  

Bahkan istri Bill Gates, Melinda Gates membuat tulisan tentang ayam berjudul 'the small animal that making a big difference for women in the developing world'. Banyaknya potensi ayam mendorong Bill Gates untuk mendonasi 100 ribu anak ayam guna mengentaskan kemiskinan di Burkina Faso dan Nigeria. 

“Tidak ada investasi lain yang memiliki persentase hasil lebih baik dari memelihara ayam,” jelasnya.

(BACA JUGAGawai Ditukar Anak Ayam, Setuju?)

Bill Gates membawa puluhan ayam beserta kandangnya ke gedung pencakar langit ini untuk menarik banyak donatur. Dia juga memanfaatkan kuis ‘Coop Dreams’ di blognya. 

Orang-orang termasuk kita, bisa berkontribusi dengan melengkapi tiga tugas, yaitu membaca artikel, menonton video dan melengkapi kuis. Hasilnya akan di-publish lewat media sosial agar mengundang lebih banyak partisipan. Dengan begitu berarti kita sudah menyumbang ayam yang akan didistribusi lewat yayasan Heifer International.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments