hero
KPK Geledah Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta pusat, Senin 13 Januari 2020. (NET/ Radika Kurniawan)

EDITOR : REZA PAHLEVI

13 Januari 2020, 21:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeledah ruang kerja tersangka suap Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan di Gedung KPU RI Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta pusat, Senin 13 Januari 2020. Pengeledahan untuk mengumpulkan barang bukti terkait kasus suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019 – 2024.  Saat memasuki ruang kerja wahyu, sejumlah penyidik KPK dengan memakai rompi KPK didampingi pihak kepolisian bersenjata.

Menurut Ketua KPU RI Arief Budiman, adanya pengeledahan sudah diberitahukan ke sekretaris jenderal (Sekjen) KPU.Bahkan, pihaknya telah menugaskan beberapa orang untuk membantu dan mempermudah petugas KPK.  “Prinsipnya KPU terbuka kooperatif dan siap bekerjasama bilamana diperlukan klarifikasi, informasi atau tambahan dokumen. Karena kita belum tahu yang dibutuhkan apa yang jelas kita siap,” ujar Arief saat ditemui di Gedung KPU RI.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Wahyu Setiawan sebagai tersangka kasus penyuapan proses penetapan PAW Anggota DPR-RI periode 2019-2024. Selain Wahyu, tiga orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka. Yakni, Agustiani Tio Fridelina sebagai orang kepercayaan Wahyu Setiawan, dan mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu. Kemudian, Harun Masiku sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP, dan Saeful sebagai swasta.

Wahyu diduga menerima Rp 600 juta dari permintaan Rp 900 juta untuk membantu penetapan Harun sebagai anggota DPR-RI melalui mekanisme PAW. Pemberian uang suap dilakukan dalam dua kali proses.

RADIKA KURNIAWAN SUBEKTI

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments