hero
(ARSY Tour & Travel)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

9 Desember 2019, 09:30 WIB

SULAWESI SELATAN, INDONESIA

Rammang-Rammang, destinasi wisata karst di Kabupaten Maros dan Pangkep, Sulawesi Selatan ini sudah enggak asing di telinga para traveler. Pesona pegunungan karst terluas ketiga di dunia ini masih menjadi primadona bagi sejumlah wisatawan. Buktinya, UNESCO telah memasukkan pegunungan karst Rammang Rammang sebagai World Heritage Site.

Istilah Rammang Rammang sendiri berasal dari bahasa Makassar yaitu sekumpulan awan atau kabut. Hal itu berdasarkan kondisi Rammang-Rammang yang selalu berkabut setiap paginya di musim apapun. Enggak heran jika bertandang ke sini, kamu akan disambut denfan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Untuk mencapai Rammang-Rammang, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 40 km dari pusat Kota Makassar. Sesampainya di sana kamu bisa menyewa kapal dan berkeliling area Rammang-Rammang menyusuri Sungai Pute. Biayanya sekitar Rp200 ribu per satu orang.

Mungkin buat sebgaian orang cukup mahal sih, tetapi dijamin deh kalian akan merasakan pengalaman yang luar biasa karena pemandangannya jauh dari kata biasa. Sebetulnya banyak tempat di Rammang-Rammang yang bisa kamu eksplor seperti Telaga Bidadari, Situs Karama, Kampung Berua, dan Taman Batu. Nah, sebelum traveling ke sana ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti agar kunjunganmu ke Rammang-Rammang bisa maksimal:

1. Berangkat Pagi atau Menginap

Pemandangan Sunrise di Rammang-Rammang begitu indah, jadi sayang kalau di lewatkan. Agar enggak terlewat menikmati matahari terbit sebaiknya kamu berangkat dari Makassar sejak Subuh atau pagi buta.

Nah, tapi bagi yang malas datang pagi-pagi menginap di Rammang-Rammang bisa menjadi opsi menarik nih. Apalagi ditempat ini sudah mulai banyak warga yang menyediakan area penginapan.

satunya di Rammang Rammang Cafe yang menyediakan Eco lodge nyaman bagi para pengunjung. Kapan lagi kan bisa beristirahat di kelilingi pegunungan karst indah.

2. Pilih Outfit Nyaman

(Dok. Laras Putri)

Memilih outfit enggak hanya memperhatikan modelnya ya tapi juga kenyamanan. Pilihlah pakaian kasual seperti kaos dan celana agar mudah bergerak. Soal sepatu pilihlah sepatu olahraga atau sandal gunung, karena medan di beberapa lokasi Rammang-Rammang terjal dan licin. Kalau salah memakai alas kaki bisa tergelincir!

4. Bawa Sunblock

Meski terlihat sejuk karena berkabut tapi jangan salah, di siang hari kawasan ini bisa terasa begitu panas. Nah, untuk melindungi kulit dari radiasi sinar mataharai jangan lupa membawa perlengkapan seperti kacamata hitam, topi, dan payung ya.

Oh iya, yang paling penting jangan lupa memakai sunblock. Kalau kamu sudah terlanjur sampai sana dan lupa membawa topi jangan khawatir, karena di Rammang Rammang sendiri menyediakan hasa penyewaan tipi caping ala petani seharga Rp3 ribu saja.

5. Bawa Air dan Makanan

Agar tubuh terhindar dari dehidrasi pastikan kamu membawa cukup air mineral selama trekking ya. Selain itu makanan ringan juga jangan sampai ketinggalan, sebagai pelengkap semangatmu selama di sana. Sebetulnya di kawasan Rammang-Rammang sendiri ada sejumlah tempat makan, tetapi tidak di semua wilayah ada. Jadi lebih baik siap sebelum dibutuhkan ya.

6. Pastikan Baterai HP Penuh

Sudah sampai jauh-jauh ke Rammang-Rammang tapi baterai smartphone atau kamera belum terisi penuh, itu menyedih kan! Maka dari itu, malam sebelum kalian eksplor Rammang-Rammang pastikan baterai semua gadget harus terisi penuh ya. Tujuannya agar momen-momen indahmu selama di sana terabadikan.

LARAS PUTRI
 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments