hero
Transmisi mobil otomatis. (ISTIMEWA)

EDITOR : OCTOBRYAN

6 November 2019, 13:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kecelakaan akibat kelalaian pengemudi dalam berkendara terjadi di Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau pekan kemarin. Mobil SUV yang dikemudikan perempuan berinisial F-L (23) menghantam pejalan kaki yang sedang berolahraga di sekitar lokasi.

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, peristiwa naas ini berawal saat pengemudi salah injak pedal mobil matik tersebut.

Polisi amankan mobil SUV milik F-L pasca kecelakaan di Harbour Bay, Batam, Senin 4 November 2019. (PETRUS)

Mengantisipasi hal tersebut terulang kembali, Instruktur Safety Driving, Sonny Susmana mengatakan mengemudikan mobil transmisi otomatis membutuhkan kewaspadaan ekstra. Fokus dan peletakan kaki pengemudi di pedal juga harus diperhatikan.

"Secara teknis, mobil matik tidak dilengkapi kopling. Sehingga pengemudi tidak dapat mengontrol kecepatan mobil saat hilang fokus berkendara," ujarnya saat ditemui tim NETZ di Jakarta, Selasa 5 November 2019.

Ilustrasi tiga pedal mobil. (ISTIMEWA)

Karena tidak memiliki kopling, lanjut Sonny, pengemudi wajib mengubah cara pandang  mengemudi mobil matik terutama dalam meletakkan posisi kaki kanan.

"Sehingga penting sekali kita punya mindset car break artinya kaki kanan harus standby di rem karena tidak di gas pun mobil akan meluncur," tambahnya.

Ilustrasi cara menginjak pedal pada mobil transmisi otomatis. (WIKIHOW)

Rudi menambahkan, meski sebagian orang menganggap cara mengemudi mobil matik tergolong mudah, namun pada prakteknya butuh kewaspadaan tinggi dan kemampuan mengemudi yang mumpuni apalagi mobil berkapasitas CC besar.

"Kebanyakan orang Indonesia selama ini nyetir bukan mengemudi. Perbedaannya, kalau mengemudi melibatkan akal sehat dan hard skill. Sementara nyetir ya cuma nyetir, anak kecil pun nyetir tapi kadang nabrak kanan-kiri," tegasnya.

Ilustrasi sepatu hak panjang dan kopling mobil. (ISTIMEWA)

Tidak hanya itu, dirinya juga mengungkapkan mengapa banyak pengemudi perempuan yang mengalami kecelakaan saat mengemudi mobil matik.

"Faktor keselamatan adalah hal utama, hindari menggunakan telepon genggam saat mengemudi dan hindari penggunaan sepatu hak panjang saat berkendara," pungkasnya.

ARIS SATYA | IRVAN MAULANA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments