hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

11 Oktober 2019, 13:00 WIB

INDONESIA

Seringkali kita menjalani aktivitas yang membuat beberapa bagian tubuh kita jarang bergerak dan menjadi kaku hingga menimbulkan rasa sakit. Salah satu bagian tubuh kita yang sering mengalaminya adalah leher.

Tapi ternyata untuk menghilangkannya, kamu tidak perlu mengkonsumsi berbagai macam obat, loh. Kamu bisa meredakan sakit di leher dengan berbagai gerakan berikut yang cukup kamu lakukan selama 5 menit.

 

1. Relakskan otot-otot leher kamu

Lemaskan otot leher dengan cara ini. (BRIGHTSIDE)

Duduklah dengan nyaman di kursi dan pastikan untuk luruskan posisi punggung kamu. Tempatkan kedua tangan kamu di pangkal kepala. Lalu, rapatkan dagu ke arah dada. Berikan tekanan lembut pada kepala kamu dengan tangan sampai kamu merasa lehermu sedikit meregang. Lakukan langkah ini selama 30 detik.

2. Tingkatkan mobilitas bahu

Tingkatkan mobilitas bahu dengan gerakan ini. (BRIGHTSIDE)

Setelah melakukan langkah pertama tadi kamu bisa melanjutkannya dengan langkah berikut. Pada langkah ini kamu bisa duduk di kursi atau di lantai dengan posisi tulang belakang yang lurus.  Bawa lengan kiri ke telinga kiri dan tekuk siku dengan telapak tangan menghadap ke belakang. Kemudian, tekuk lengan kanan pada siku sehingga bagian belakang tangan anda menghadap ke belakang. Jaga agar punggung kamu tetap lurus, rentangkan dada kamu dan jepit kedua tangan di belakang. Pastikan kamu bisa merasakan regangan di lengan dan dada. Lakukan langkah ini selama 30 setik pada masing-masing sisi.

3. Tingkatkan aliran darah ke leher

Gerakan ini meningkatkan aliran darah ke leher. (BRIGHTSIDE)

Pada langkah ini kamu harus berdiri dengan tulang belakang lurus, kedua tangan di samping badan, dan buka kaki selebar bahu. Luruskan lengan, perlahan-lahan tarik bahu kamu ke arah telinga dan taham selama beberapa detik. Selanjutnya, turunkan bahumu kembali dan ulangi gerakan tersebut selama 30 detik.

4. Regangkan otot lengan

Regangkan otot lengan dengan cara ini. (BRIGHTSIDE)

Posisi awal untuk langkah ini kamu cukup berdiri tegak dengan sisi kiri menghadap ke dinding dan kaki kiri di depan kaki kanan. Putar kepala ke arah bahu kiri, perlahan angkat lengan kiri melewati bahu kamu, putar badan bagian atas dan tempatkan telapak tangan di dinding. Tetap luruskan lengan kiri sambil putar kembali kepala seperti semula. Perlahan-lahan lebarkan dada sampai kamu merasa otot-otomu merenggang dari bahu kiri dan dada. Lakukan 30 detik untuk masing-masing sisi.

5. Perbaiki postur tubuh

Perbaiki postur kamu dengan melakukan gerakan ini. (BRIGHTSIDE)

Pertama-tama duduklah dengan nyaman di kursi atau lantai dengan punggung lurus, bahu sedikit ke belakang, dan kepala mengarah lurus ke depan. Gunakan 2 jari untuk diletakkan di dagu. Tahan jari-jari kamu di dagu, lalu tarik dagu kamu ke depan sejauh mungkin dan tahan selama beberapa detik. Selanjutnya, perlahan tekan dagu ke arah leher, tahan posisi itu selama beberapa detik. Ulangi gerakan tersebut  selama 30 detik.

6. Lemaskan otot yang tegang

Lemaskan otot yang tegang. (BRIGHTSIDE)

Untuk melakukan langkah ini kamu cukup duduk yang nyaman dengan tulang belakang yang lurus. Mulai dengan angkat tanganmu ke atas, tekuk siku, dan letakkan kedua telapak tangan di atas kepala. Jaga agar garis rahang kamu tetap sejajar dengan lantai, lalu putar kepala ke sisi kanan. Tahan selama beberapa detik lalu putar lagi kepala kamu ke arah kiri. Lakukan selama 30 detik.

7. Perkuat bahu

Perkuat bahu kamu dengan gerakan ini. (BRIGHTSIDE)

Berdirilah di lantai dengan posisi kaki selebar bahu dan lengan di samping badan. Angkat tangan kamu ke atas kepala, luruskan siku, dan letakkan kedua telapak tangan. Jaga agar lengan kamu lurus, renggangkan tulang belakang kamu ke atas dan tahan posisi selama beberapa detik. Lalu, perlahan-lahan turunkan kedua lengan kamu, tekuk siku kamu dan letakkan di belakang punggung saat mencoba menarik bahu sebanyak mungkin. Tahan selama beberapa detik lalu angkat lagi, ulangi selama 1 menit.

Kamu juga harus memperhatikan gerakan kamu selama mempraktikkan langkah-langkah ini loh. Pastikan kamu tidak bergerak tiba-tiba. Lalu jika setelah itu kamu justru merasa tambah buruk, ada baiknya kamu konsultasikan dengan dokter.

BRIGHT SIDE

 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments