hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

3 Oktober 2019, 18:17 WIB

INDONESIA

Tahukah kamu, bibir memiliki lebih dari satu juta ujung saraf! Karena itu, bibir sangat sensitif terhadap banyak hal dan membutuhkan perawatan khusus. Ketika kondisi kesehatan kamu sedang kurang baik dan butuh perhatian, tanda-tanda juga terlihat di bibir. Dilansir dari Bright Side, ada 8 tanda yang muncul di bibir jika kesehatan kamu bermasalah.

1. Sudut-sudut di bibir retak

Sudut bibir retak. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu pernah atau sedang mengalami masalah ini, tandanya kamu terlalu sering menjilat bibir. Nah, ini menyebabkan air liur terjebak di sudut mulut, hingga kulit menjadi kering dan pecah. Penyebab kulit kering dan pecah ini adalah infeksi, dan kalau ini terjadi terlalu sering, kamu harus memeriksakan diri ke dokter.

Mengalami retak di sudut bibir adalah masalah yang cukup umum. Retak di sudut bibir disebabkan oleh sejumlah hal, salah satu penyebabnya adalah berkembangnya infeksi ragi karena sering  menjilat bibir dan meneteskan air liur saat tidur. Jika hal ini sering terjadi, jangan ragu untuk pergi ke dokter.

2. Bibir kering dan pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah. (BRIGHTSIDE)

Keringnya bibir mencerminkan kurangnya kelembaban di seluruh tubuh atau bisa juga terjadi karena perubahan iklim maupun stress. Untuk mengatasi hal tersebut, minumlah air mineral lebih banyak dari biasanya dan gunakan krim pelembab untuk bibir. Jika dengan minum air tidak mengatasi masalah ini, bibir kering mungkin disebabkan oleh alergi. Dan jika ada gejala lain seperti gatal-gatal, kamu harus waspada.

3. Benjolan di bibir

Benjolan di bibir. (BRIGHTSIDE)

Benjolan bibir bisa terasa menyakitkan atau tidak nyaman, tetapi hal ini tidak berbahaya dan bisa hilang tanpa perawatan apa pun. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh reaksi terhadap makanan dan injeksi asam hialuronat. Namun terkadang hal ini disebabkan oleh infeksi virus seperti herpes.

 

4. Ruam merah di sekitar bibir

Ruam merah di sekitar bibir. (BRIGHTSIDE)

Dalam dunia medis, hal ini disebut sebagai perioral dermatitis dimana terjadi peradangan di sekitar mulut yang disebabkan oleh kebiasaan menjilat bibir. Pasalnya, mulut dan air liur mengandung banyak bakteri sehingga dapat menginfeksi area sekitar bibirnya. Gunakan pelembab bibir di area ruam merah untuk mengatasinya.

5. Kerutan di bibir

Kerutan di bibir. (BRIGHTSIDE)

Alasan utama dari munculnya kerutan di bibir adalah kebiasaan buruk seperti menggunakan sedotan untuk minum dengan porsi banyak atau terlalu banyak merokok.

6. Perubahan warna bibir

Perubahan warna bibir. (BRIGHTSIDE)

Bibir putih pucat dapat menunjukkan anemia yang diakibatkan memiliki gula darah rendah, masalah peredaran darah ataupun kekurangan vitamin. Sedangkan jika bibir berwarna kebiruan, itu bisa menjadi hasil dari darah yang tidak mendapatkan cukup oksigen karena masalah jantung atau paru-paru.

7. Bibir bengkak

Bibir bengkak. (BRIGHTSIDE)

Bibir bengkak bisa disebabkan karena alergi terhadap merek lipstik, pasta gigi ataupun sabun cuci muka. Jika bibir kamu terus membengkak, periksakan diri ke dokter, ya.

8. Bintik hitam di bibir

Bintik hitam di bibir. (BRIGHTSIDE)

Mungkin ada berbagai alasan bintik hitam pada bibir dan hal ini tidak boleh diabaikan. Pilihan terbaik adalah mendiagnosis kondisi tersebut dengan dokter. Hiperpigmentasi dan paparan sinar matahari adalah gejala umum yang dapat menyebabkan bercak kecoklatan ataupun hitam. Itu tidak hanya di bibir, tetapi juga di pipi, hidung, dan dahi.

BRIGHT SIDE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments