hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

6 September 2019, 14:30 WIB

PAPUA, INDONESIA

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian menyebut sejumlah organisasi yang mendalangi kerusuhan di Papua. Dua di antaranya adalah United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Menurut Kapolri, kedua organisasi tersebut bertanggung jawab atas kejadian unjuk rasa anarkis serta memproduksi informasi hoaks. Hal ini disampaikan Kapolri saat meninjau anggota polisi yang menjadi korban kerusuhan di Kabupaten Deiyai dan Jayawijaya, Kamis siang. Para korban ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua, Jayapura.

“Kita udah tau lah kelompok-kelompok yang main, ULMWP dan KNPB, catat itu kata saya. Dan saya tahu gerakannya kemana dan saya tahu AMP digerakan oleh mereka. Jadi semua yang terjadi di Papua didesain oleh mereka semua dan akan terus saya kejar,” kata Tito.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kanan) dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan keterangan seusai menggelar pertemuan tertutup di Mapolda Papua, Jayapura, Papua, Selasa (27/8/2019). Kapolri mengajak masyarakat untuk menjaga situasi keamanan di Papua serta jangan terpengaruh hoaks. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)  

ULMWP merupakan gerakan persatuan pembebasan untuk Papua Barat yang  memperjuangkan kemerdekaan Papua Barat. Organisasi tersebut dipimpin oleh Benny Wenda. 

Di akhir pernyataannya, Kapolri mengajak masyarakat jangan terpengaruh isu provokatif yang dikembangkan sekelompok orang yang ingin Papua rusuh. Dalam kunjungan ini Kapolri didampingi Kadiv Humas Polri Irjen Pol. M Iqbal dan Kapolda Papua Irjen Pol. Rudolf Rodja.

TIM LIPUTAN  

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments