hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

15 Agustus 2019, 20:50 WIB

AMERIKA SERIKAT

Screening test adalah salah satu proses penting dalam produksi film. Dari hasil screening test inilah didapatkan masukan yang menggambarkan apakah film itu sudah pas atau justru kurang bagus. Dengan adanya masukan-masukan dari penonton di screening test itulah sejumlah revisi dilakukan, bahkan ada beberapa film yang mengubah jalan ceritanya, loh!

 

 

1. Sunset Blvd (1950)

Sunset Blvd.

Film ini bisa dibilang sangat sukses di tahunnya, karena mendapat banyak penghargaan termasuk 3 piala Oscar. Hasil yang memuaskan itu didapatkan setelah melakukan screening test. Saat itu, selama beberapa menit awal penonton dibuat tertawa, namun saat menit ke 30 penonton mulai kebingungan apakah ini film drama atau komedi, sehingga banyak penonton yang meninggalkan teater tanpa tahu akhir ceritanya. Setelah pemutaran film selesai, sang sutradada, Billy Wilder, bertanya kepada salah satu penonton apa yang tidak ia sukai dari film tersebut dan memutuskan untuk mensyuting ulang beberapa adegan.

2. Justice League (2017)

Justice League.

Pada awalnya, “Justice League” adalah sekuel dari “Batman VS Superman: Dawn of Justice.” Namun pada saat memulai syuting, sang sutradara merasa tidak yakin sekuel ini akan berhasil. Akhirnya ia memutuskan untuk mengganti 20 persen dari film tersebut. Semua adeganVictor Stone sebelum masa ‘transformasinya’ dan beberapa dialog dihapus. Hampir semua adegan Superman disyuting ulang dan menambah beberapa adegan.

3. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption.

Ini adalah salah satu film terbaik dalam sejarah menurut IMDB. “The Shawshank Redemption” adalah sebuah film inspiratif yang mana akan membuat kalian mengerti apa yang dimaksud dengan sahabat sejati. Seharusnya akhir film ini berakhir dengan Redd yang menghabiskan sisa waktu dipenjara seorang diri, namun sang sutradara menggantinya dengan mempertemukan Redd dan Andy.

4. The New Mutants (2020)

The New Mutants.

Berita soal film “The New Mutants” sudah terdengar sejak 2016. Penulis naskah menjanjikan sebuah film yang unik dan orisinil. Namun, trailer yang dirilis tahun 2017 justru menampilkan genre yang beda banget dengan film superhero pada umumnya, yaitu horor! Banyaknya komentar negatif terhadap trailer itu, membuat film ini dimundurkan rilisnya hingga setahun. Ini untuk mengambil ulang adegan-adegan film tersebut. Sejak Disney dan Fox merger, premier film ini kembali diundur hingga 2020.

5. Titanic (1997)

Titanic.

Durasi awal film ini adalah 5 jam! Tentu saja, meski temanya menarik, film dengan durasi sepanjang itu akan membuat orang-orang berpikir ulang menontonnya. James Cameron akhirnya memotong adegan-adegan tertentu dalam “Titanic”, seperti adegan gunung es, perkelahian Jack dan Caledon serta aksi penyelamatan penumpang. Adegan akhir film ini juga diubah dari film awalnya loh.

6. Pretty Woman (1990)

Pretty Woman.

Film bergenre komedi romantis ini yang sukses membuat kaum hawa di dunia iri dengan soso Vivian (Julia Roberts), ternyata awalnya dibuat sebagai film yang mengangkat tema drama sosial serius. Awalnya, sutradara film ini berencana menggambarkan karakter Vibian sebagai pecandu narkoba yang bekerja sebagai pelacur untuk mencari yang. Lalu adegan akhir film ini adalah: Edward (Richard Gere) medorong Vivian keluar dari mobilnya dan melempar sejumlah uang untuknya.

Untungnya, Disney tidak menyukai konsep drama yang suram dan meminta sutradara untuk membuat beberapa versi adegan akhir film ini. Tentu saja para penonton memilih akhir film yang paling positif dan sutradara bahkan memutuskan untuk mengambil ulang banyak adegan agar film ini lebih ceria dan punya unsur komedi.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments