hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Agustus 2019, 09:05 WIB

KOTA SURABAYA, INDONESIA

Pesatnya pertumbuhan tekonologi digital diyakini menopang perkembangan bisnis perjalanan wisata masyarakat Indonesia ke luar negeri. Hal tersebut sejalan dengan laporan Mastercard Future of Outbound Travel in Asia Pacific (2016-2021), yang menyebut jika Indonesia adalah salah satu negara yang pertumbuhan wisata masyarakatnya besar di Asia.

Pertumbuhan wisata masyarakat Indonesia mencapai 8,6% per tahun. Angka itu berada di bawah Myanmar yang pertumbuhannya 10,6%, dan Vietnam 9,5%. Meski begitu sektor pariwisata Indonesia mengalami pertumbuhan tertinggi dengan peringkat ke-9 di dunia, versi The World Travel & Tourism Council (WTTC).

Goodway mengajak NET.Z dan membernya melihat kapal pesiar Dream Cruise. (NET/Yerry Wahyudi)

Geliat bisnis travel pun belakangan ini terus menunjukan taringnya. Berbagai pilihan model bisnis travel kemudian bermunculan, salah satunya adalah Goodway Vacation Club. Klub keanggotaan yang bisa memberikan fasilitas lengkap yang sesuai dengan kebutuhan liburan.

Anggota klub ini terus mengalami peningkatan hingga mencapai 10 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Target pasarnya sendiri menyasar keluarga.

“Memang pangsa pasar kita untuk seluruh Indonesia, pasar domestik. Dimana pun kita akan kita informasikan serunya liburan, segmennya sendiri dari umur 30 sampai 60 tahun,” ujar Hizkil Tasman, Product Director Goodway Vacation Club.

Hizkil Tasman, Product Director Goodway Vacation Club. (NET/Yerry Wahyudi)

Di usianya yang menginjak 10 tahun, Goodway Vacation mengajak 20 membernya yang berasal dari Surabaya untuk menjajal kapal pesiar Genting Dream Cruise. Kapal itu kebetulan sedang bersandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Antusias member yang mayoritas berusia lanjut ini tampak terlihat. Beberapa di antaranya bahkan rela mengambil cuti demi melihat secara langsung kapal pesiar terbesar se-Asia itu. Berangkat sekitar pukul 09.00 WIB, satu per satu member Goodway masuk ke dalam kapal dengan panduan tim Goodway.

Kapal pesiar Dream Cruise. (NET/Yerry Wahyudi)

Para member diberi kesempatan untuk menjajal beberapa fasilitas mewah kapal pesiar. Seperti kamar mewah di kapal, arena permainan keluarga, gym hingga kolam renang di atas kapal. Tampak di antara mereka juga tertarik untuk melakukan perjalanan tour menggunakan kapal pesiar sebagai pilihan liburan keluarga selanjutnya.

Puas berkeliling kapal, member kemudian diajak santap siang di Hotel JW Marriot Surabaya. Di sana member tampak akrab berbincang satu sama lain. Yups, kelebihan vacation club dibandingan travel agen adalah kekeluargaannya. Hal itu pula yang jadi nilai jual Goodway untuk mengembangkan bisnisnya.

Akhmad Dani, Product Manajer Goodway Vacation Club.  (NET/Yerry Wahyudi)

“Goodway membernya heterogen. Jadi tantangan di Goodway bisa mengakodir kebutuhannya. Misal tour halal dan non halal itu kita create juga. Contohnya tour internasional kalau member yang muslim saya sediakan yang areanya, destinasinya dan makanannya. Juga yang non halal juga ada. Contoh kita pergi ke Korea ada satu daerah di Jeju yg terkenal sekali babi hitam,” imbuh Akhmad Dani, Product Manajer Goodway Vacation Club.

Goodway Vacation Club membantu untuk memilih hotel, tiket pesawat dan destinasi yang diinginkan sesuai dengan budget. Jika berniat menjadi membernya, ada pilihan paket keanggotaan seperti paket 3 tahun, 5 tahun dan 10 tahun dengan poin-poin yang berbeda-beda. Bagaimana tertarik gabung?

YAYAN SUPRIYANTO | YERRY WAHYUDI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments