hero
(INSTAGRAM @basukibtp)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

22 Juli 2019, 16:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Penghargaan bagi tokoh inspiratif nasional dalam Rooseno Award yang kesembilan diberikan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Penghargaan ini diterima Ahok di Jakarta, Senin siang. 

Ahok dinilai secara konsisten telah mampu menerapkan gagasan kreatif dan inspiratif untuk pembangunan negeri. "Seorang gubernur yang hendak meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketertiban metropolitan memang perlu melaksanakan gebrakan baik pada keribetan birokrasi, non-transparansi sistem anggaran, dan kelonggaran disiplin yang hingga kini masih berjalan di Pemerintah Provinsi DKI," kata pelindung dan penasihat Roosseno Award, Toeti Heraty N. Roosseno. 

Basuki Tjahaja Purnama saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. (INSTAGRAM @basukibtp)

Ahok sendiri tetap merendah usai menerima apresiasi ini. “Bukan anggap saya lebih baik dari yang lain. Saya katakan penghargaan ini untuk menginspirasi, yang saya lakukan ini standar saja,” kata Ahok.

Ahok pun mengingatkan bahwa jadi pejabat publik harus memegang teguh integritas dan mau bekerja keras. “Kalau jadi pejabat publik harus punya integritas yang transparan. Yang penting kamu jangan kompromi, turun ke bawah. Kalau jadi pejabat publik harus kerja keras,” ucap Ahok lagi.

Basuki T. Purnama atau Ahok (kiri) semasa menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta meninjau banjir di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta, Senin (20/2). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Ahok datang ke acara ini didampingi istrinya, Puput Nastiti Devi. Acara ini juga dihadiri mantan wakil Ahok di DKI, Djarot Saiful Hidayat. Tampak pula Prof Dr Franz Magnis-Suseno dan Goenawan Mohamad sebagai dewan testimonium. 

Sebelumnya, sejumlah tokoh inspiratif nasional juga pernah menerima penghargaan serupa. Salah satu diantaranya adalah  Presiden Ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie.

PRITA KUSUMA | PRIHARDANI PURBA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments