hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

21 Juni 2019, 15:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Tim kuasa hukum Joko Widodo-Ma’ruf Amin menghadirkan empat orang saksi pada sidang sengketa Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jumat pagi. Keempat orang saksi ini terdiri dari dua ahli dan dua saksi fakta. 

Keempat saksi ini dihadirkan oleh tim hukum paslon 01 untuk membantah tuduhan kecurangan Terstruktur, Masif dan Sistematis (TSM) pada sidang sebelumnya. Keempat saksi tersebut adalah Candra Irawan, Anas Nashikin, Prof. Eddy Hiariej, dan Heru Widodo. 

Saat bersaksi Eddy langsung memulainya dengan kritik. Eddy mengatakan bahwa dalam menyusun konstruksi hukum di dalam suatu permohonan atau dakwaan di sidang haruslah didasarkan pada argumentasi hukum yang jelas dan logis. “Pemahaman terhadap teori dan asas hukum yang dangkal mengakibatkan argumentasi hukum yang dikonstruksikan menjadi rapuh sehingga mudah untuk dibantah,” ujar Eddy. 

Ketua Tim kuasa hukum pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Bambang Widjojanto (kiri), selaku pemohon bersiap mengikuti sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (21/6/2019). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Guru besar hukum tata negara Universitas Gadjah Mada (UGM) ini kemudian menyebut materi gugatan Prabowo-Sandiaga di Sengketa Pilpres 2019 yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi tidak relevan. "Banyak kutipan yang mengambil contoh pilkada padahal Pilpres dan Pilkada berbeda," kata Eddy.

Eddy yang merupakan guru besar termuda di UGM ini pun melontarkan argumen tajam. "Benar apa yang disampaikan Kuasa Hukum Pemohon (02) bahwa MK bukan sekadar Mahkamah Kalkulator. Tapi MK jangan diajak juga menjadi Mahkamah Kliping yang kebenarannya berdasarkan kebenaran kliping koran," pungkas Eddy.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments