hero
(ANTARA)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

13 Juni 2019, 15:35 WIB

BALI, INDONESIA

Sempat tenang dalam beberapa hari terakhir, Gunung Agung di kabupaten Karangasem, Bali kembali mengalami erupsi pada Kamis dini hari sekitar pukul 01.38 WITA. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, erupsi terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dengan durasi sekitar 3 menit 58 detik. Meski kolom abu pada erupsi kali ini tidak teramati lantaran tertutup kabut, namun dari rekaman CCTV erupsi Gunung Agung juga mengeluarkan lontaran lava pijar sejauh 700 meter ke arah timur laut. PVMBG memprediksi akan adanya potensi erupsi susulan yang akan terus terjadi mengingat sistem pipa magma gunung sudah terbuka.

Rekaman CCTV erupsi Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali pada Kamis dini hari sekitar pukul 01.38 WITA dari Pos Pantau Karangasem. (NET/Kadek Marthana)

Akibat erupsi ini, 5 desa di kabupaten Karangasem terpapar hujan pasir dengan intensitas sedang. Hujan yang turun sepanjang malam hingga pagi membawa material vulkanik dari puncak gunung melalui aliran sungai. "Dihimbau kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai yang berhulu dengan gunung agung ini harap mewaspadai terjadinya lahar dingin," ujar Kristianto, Ketua  Tim Tanggap Darurat Erupsi Agung di Pos Pantau Karangasem, Kamis, 13 Juni 2019.

Aliran sungai Yeh Sah yang berpotensi dialiri lahar dingin dari puncak Gunung Agung yang semalaman di guyur hujan hingga pagi. (NET/Kadek Marthana)

Sementara pasca erupsi pada Kamis dini hari, aktivitas vulkanis Gunung Agung pada pagi hari tetap tinggi dengan munculnya beberapa gempa hembusan dan gempa vulkanik. Hingga kini PVMBG masih merekomendasikan status Gunung Agung berada pada level Tiga Siaga dengan radius zona bahaya sejuah empat kilometer dari atas puncak kawah.

KADEK MARTHANA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments