hero
(NET.CJ/ Irawati)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

21 Mei 2019, 15:00 WIB

KROASIA

Deburan ombak dan embusan angin laut mengelilingi sebuah konstruksi musik yang menjadi kebanggaan warga Kota Zadar di Kroasia. Sekilas, konstruksinya terlihat seperti konstruksi ruang publik biasa dengan undakan-undakan tangga di pinggir laut.

Namun, tak disangka di bawah undakan-undakan tangga tersebut terdapat instrumen musik yang dapat menghasilkan suara. Konstruksi megah ini bernama Morske Orgulje, dibangun sejak 2005 lalu.

Pengunjung menikmati atraksi Morske Orgulje di tepi laut. (NET.CJ/ Irawati)

Dibangun oleh arsitek Nikola Basic, konsep konstruksi ini bernuansa maritim khas Kota Zadar. Di dalam undakan tangga beton yang sering diduduki pengunjung, terdapat 35 pipa yang terhubung dengan 7 pipa utama.

Tangga yang diduduki pengunjung ini terdapat pipa yang dapat mengeluarkan suara musik saat terhantam deburan ombak. (NET.CJ/ Irawati)

Deburan ombak yang menghantam pipa-pipa dalam undakan tangga ini turut menggerakan angin dalam pipa utama yang telah disetel nadanya. Suara yang berkesinambungan pun muncul dari instrumen ini seiring dengan suara air dan hembusan angin laut.

Deburan ombak menghasilkan atraksi Morske Orgulje yang dapat menghibur pengunjung. (NET.CJ/ Irawati)

Pengunjung pun bisa menikmati atraksi musik yang keluar dari dalam tangga-tangga beton tersebut. Atraksi Morske Orgulje ada selama 24 jam dan menarik perhatian banyak turis Kota Zadar.

Dari lubang inilah suara musik ombak terdengar. (NET.CJ/ Irawati)

Selain Morske Orgulje, ada pula atraksi lain yang dikenal dengan sebutan Greeting to the Sun. Atraksi ini berupa panel tenaga surya berbentuk bundar yang pada siang hari terlihat seperti kolam raksasa, dan pada malam memancarkan cahaya warna-warni.

Greeting to the Sun di siang hari. (NET.CJ/ Irawati)

Panel bundar ini terletak tak jauh dari undakan tangga konstruksi Morske Orjugel. Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung cukup jalan kaki dari pintu masuk kota tua Zadar.

Greeting to the Sun di malam hari. (ZADAR)

 

NET CJ IRAWATI PRILLIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments