Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019, Selasa dini hari. Hasil rekapitulasi tersebut menunjukkan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh suara sebanyak 85.607.362 atau 55.50% dari total suara sah nasional. Sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 68.650.239 suara atau 44.50% dari total suara sah nasional.

Kedua paslon menyikapi pengumuman KPU dengan cara berbeda. Prabowo-Sandi menolak seluruh hasil Pemilu dan Pilpres 2019 karena mereka anggap penuh kecurangan yang tidak diselesaikan oleh KPU. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Prabowo di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa siang. Selanjutnya, paslon nomor urut 02 ini akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Pada waktu yang hampir bersamaan, paslon terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyampaikan pidato kemenangan di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat. Jokowi menyatakan bahwa dirinya akan menjadi presiden bagi semua kelompok masyarakat. Foto-foto Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma’ruf menyikapi hasil Pemilu 2019 kami bingkai dalam galeri di atas.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments