hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

16 Mei 2019, 18:30 WIB

INDONESIA

Di bulan ramadan ini, Kurma pasti menjadi primadona untuk berbuka puasa. Hal ini disebabkan rasanya yang manis dan dapat dicampur ke dalam berbagai olahan. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata selain memiliki rasa yang enak Kurma juga punya segudang manfaat yang baik untuk tubuh loh. Berikut beberapa manfaat Kurma bagi tubuh,

 

 

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

BRIGHTSIDE

Menurut Julie Garden Robinson, seorang profesor dari North Dakota State University, kurma mengandung boron yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Penelitian lainnya juga mengatakan bahwa di dalam buah-buahan kering, salah satunya kurma terkandung berbagai mineral seperti fosfor, kalium, kalsium dan magnesium yang membantu tulang kita memerangi penyakit seperti osteoporosis.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

BRIGHTSIDE

Seperti  yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kurma mengandung banyak serat dan kamu juga pasti tahu bahwa sistem pencernaan kita sangat membutuhkan serat agar dapat beroperasi dengan baik. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal Of Nutrition mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi kurma secara rutin memiliki sistem pencernaan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kurma.

3. Membantu Melawan Stress dan Depresi

BRIGHTSIDE

Selain mengandung banyak serat, Kurma juga mengandung Vitamin B6 yang membantu tubuh untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan kesehatan otak. Enggak cuma itu, Serotonin juga meningkatkan mood kamu. Bahkan ada juga yang sudah membuktikan bahwa kandungan B6 yang rendah berkaitan dengan depresi.

4. Memberikan Tambahan Energi yang Signifikan

BRIGHTSIDE

Kandungan kurma yang kaya akan serat, potassium, magnesium, vitamin dan anti oksidan yang membuatnya sangat cocok sebagai kudapan. Selain itu, kurma juga memberikan asupan tenaga yang banyak karena memiliki kandungan fruktosa dan glukosa. Menurut penelitian kurma juga membantu kamu untuk mengembalikan tenaga setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

5. Mencegah Penyakit Jantung

BRIGHTSIDE

Sebuah studi menimpulkan bahwa kurma dapat mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif, keduanya adalah faktor risiko penyakit jantung. Bahkan kurma juga mengandung potassium, yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke dan berbagai penyakit jantung lainnya.

6. Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

BRIGHTSIDE

Kurma ternyata juga memiliki kemampuan untuk melindungi sistem pencernaan dan usus kita dari bakteri berbahaya sehingga mengurangi risiko penyebarannya sampai ke usus besar. Sebuah studi  menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi kurma secara teratur meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang melindungi kita dari pertumbuhan sel kanker di usus besar.

7. Meredakan Gejala Alergi Musiman

BRIGHTSIDE

Alergi musiman mempengaruhi lebih dari 30 Juta orang di Amerika Serikat, tetapi untungnya kurma mempunyai kemampuan untuk meredakannya. Studi lain juga menunjukkan bagaimana kurma efektif mengurangi beberapa tanda peradangan pada mereka yang menderita alergi musiman.

8. Membantu Penurunan Berat Badan

BRIGHTSIDE

Kurma juga dapat membantu penurunan berat badan loh. Kandungan serat yang terkandung dalam kurma bisa membuat kamu merasa kenyang untuk waktu yang lama dan juga mencegah lonjakan glukosa dalam darah. Selain itu kandungan anti oksidan dalam kurma dapat membuang racun dalam tubuh kita dan meningkatkan metabolisme yang juga membantu penurunan berat badan.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments