hero
(NET)

EDITOR : ALBERT SUMILAT

16 Mei 2019, 18:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Seiring kemajuan zaman, gadget udah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dari bangun sampai mau tidur, bisa dibilang handphone gak pernah jauh-jauh dari jangkauan kita. Begitu pun saat momen Ramadan seperti saat ini, misalnya saat mager di siang hari, ngabuburit sampai menjelang tidur, banyak aplikasi yang kita gunain. 

Veronica Utami, Head of Marketing dari Google Indonesia (kiri), Ridzky Novasandro, Product Marketing Manager dari Google Indonesia (tengah) bersama Feliciana Wienathan selaku Communication Manager dari Google Indonesia (kanan) menjawab pertanyaan awak media saat mengenalkan sejumlah fitur terbaru dari Google yang dapat menenemani keseharian dengan lancar dibulan Ramadan ditemani Google di Eastern Opulence, Jakarta Selatan, Kamis (16/5). (NETZ/Albert Williancoen)

Google bahkan mencatat, istilah berbau Ramadan mengalami peningkatan 40 persen di aplikasi google search. Gak cuma itu, masyarakat di sepanjang 10 hari bulan Ramadan ini netizen lewat Google Apps melonjak 20 persen lebih banyak dari hari biasa. Kenaikan juga tercatat di aplikasi youtube. Momen bulan suci ini juga keinginan orang untuk mencari berbagai hiburan audio visual mmeningkat hingga 40 persen. 

Data aktivitas pengguna aplikasi Google selama bulan Ramadan yang mengalami perubahan. (NETZ/Albert Williancoen)

Hal ini pun diperjelas oleh Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia,”Data dari kami menunjukan adanya peningkatan pencarian seputar jadwal buka puasa, jalur mudik, zakat fitrah hingga tempat bukber. Maka itu, kami mengumumkan beberapa fitur yang diharapkan dapat membantu dan menemani pengguna di setiap momen penting Ramadan, puasa, ngabuburit, mudik dan Hari Raya Idulfitri”

 

Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia berikan presentasi mengenai aplikasi Google Teman Ramadan di Eastern Opulence, Jakarta Selatan, Kamis (16/5). (Dok.Google Indonesia)

Nah langsung aja kita kenal lebih dalam aplikasi atau fitur tersebut:

1Qibla Finder atau penunjuk arah

Bagi kamu yang sering berada di perjalanan atau sedang berada di tempat baru dan merasa kebingungan mencari arah kiblat, aplikasi ini bakal bermanfaat.  Kamu gak harus unduh aplikasi baru, tapi cukup gunain Google Search dengan kata “Ramadan”, maka akan keluar jadwal salat dan petunjuk kiblat. Kemudian tinggal klik deh. Dengan teknologi Augmented Intelligence atau AI, arah kiblat ditempat kamu berada bisa langsung ketahuan.

2Asisten Google

Bagi pengguna ponsel berbasis android, fitur asisten google atau Google Assistant rasanya udah gak asing lagi ya. Nah gak cuma buat nyari informasi yang kita butuhin, lewat voice search dan setelan Bahasa Indonesia, kita biaa manfaatin si Asisten Google ini buat perintah-perintah yang dekat dengan momen Ramadan. Diantaranya meminta dibangunkan sahur hingga pengingat waktu salat. 

3Google Maps

Aplikasi ini jadi sesiatu yang bisa digunakan mencari resto yang tepat buat berbuka puasa. Bekerjasama dengan Qraved yang menampilkan fitur rekomendasi, kita bisa menemukan list “Restoran untuk bukber” yang udah disesuaikan dengan lokasi kita saat ini. Ditambah lagi, kita bisa langsung reservasi lewat fitur pesan. Lumayan kaaan gak harus nyari satu-satu hehehe. Namun sayangnya fitur ini baru untuk kawasan Jakarta dulu yaaa...


Anyway gak cuma buat nyari resto, aplikasi ini bisa buat melengkapi kebutuhan mudik kita. Bekerjasama dengan pemerintah, Google Maps hadir dengan fitur terbaru yang dilengkapi dengan rute terbaik, SPBU, rest area hingga posko kesehatan. Rencananya gak cuma buat yang mudik di Pulau Jawa aja, tapi juga berbagai wilayah lain di Indonesia.

4Google Duo

Buat yang gak bisa mudik atau long distance sama orang-orang tercinta, aplikasi ini juga bisa jadi pilihan. Google Duo bisa bikin grup video call hingga 4 orang sekaligus. Caranya, setelah unggah aplikasi, kita bisa langsung melepas kangen deh. Disamping video call, kita juga bisa kirim pesan video. Lewat pesan video, kita tinggal rekam gambar kira-kira 1 menit, lalu kita bisa tambahin pesan atau gambar tambahan untuk membuatnya lebih personal. Daaan... gak cuma lewat ponsel, kita juga bisa download Google Duo di berbagai perangkat, misalnya laptop atau tablet dengan mengakses Duo for web di duo.google.com

AULIA KURNIA/ ALBERT WILLIANCOEN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments