hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

13 Mei 2019, 12:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Mayjen TNI Purn. Kivlan Zen memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Bareskrim Polri. Kivlan tiba di Gedung Bareskim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin siang. Kedatangan Kivlan terkait laporan dugaan makar dan penyebaran berita bohong yang diterima penyidik Bareskrim Polri. 

Kepada wartawan Kivlan mengaku tidak memiliki persiapan khusus pada pemeriksaan ini karena kapasitasnya hanyalah sebagai saksi. Meski demikian mantan Kepala Staf Kostrad ini membantah tuduhan makar yang kembali dialamatkan kepada dirinya.

“Saya belum tahu isinya apa, makarnya apa? Saya dilaporkan oleh seseorang sebagai saksi. Saksi untuk siapa? Saya itu kan bukan sebagai pelaku makar tapi sebagai saksi. Tapi saksinya siapa yang tersangka?” ujar Kivlan.

Mantan Kepala Staf Komando Strategis Angkatan Darat (Kas Kostrad) Mayjen TNI Purnawirawan Kivlan Zein (tengah) saat menghadiri unjukrasa menuntut diusutnya dugaan kecurangan Pemilu 2019 di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Kamis (9/5/2019). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Menurut Kivlan pengertian makar dalam KUHP adalah upaya mengubah bentuk pemerintahan dengan menggunakan senjata. Sementara, selama ini dirinya hanyalah menyampaikan pendapat. 

Kivlan juga menyayangkan informasi yang menyebutkan dirinya akan kabur ke luar negeri padahal saat itu dirinya hendak berkunjung ke anggota keluarganya di Batam. Pria kelahiran Aceh 73 tahun lalu ini menegaskan akan tetap menjawab seluruh pernyataan penyidik sesuai dengan hukum yang berlaku. 

Hingga berita ini diturunkan, Kivlan masih menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Bareskrim. Kivlan didampingi kuasa hukum, Pitra Romadoni. Pitra mengultimatum pelapor untuk segera mencabut laporan karena laporan tersebut dianggapnya sangat lemah. 

OCTA BARRY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments