hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

9 Mei 2019, 14:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Refdi Andri mengatakan terdapat sejumlah opsi rekayasa lalu lintas yang disiapkan untuk mengurai kemacetan saat musim mudik 2019. Salah satu yang masih dikaji adalah pemberlakuan sistem ganjil genap di jalur bebas hambatan. Hal ini disampaikan oleh Refdi usai menggelar rapat di Mabes Polri, Kamis siang.

Di satu sisi, sistem tersebut dapat mengurangi volume kendaraan di dalam ruas tol. Namun disisi lain juga dapat berdampak pada penumpukan kendaraan saat akan memasuki pintu tol. “Genap-ganjil ini juga kita akan bekerja keras untuk itu. Belum lagi masyarakat harus disosialisasikan atau informasikan. Sementara ruas-ruas jalan kalau kita berlakukan genap-ganjil saat akan memasuki pintu tol akan terjadi hal-hal yang sangat crowded,” ujar Refdi. 

Pengendara mobil melintas di jalur "contraflow" ke arah Cikampek di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 37, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, saat musim mudik 2018. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Untuk musim mudik 2019, baik saat arus berangkat maupun balik diperkirakan akan ada peningkatan volume kendaraan sebesar 30 hingga 40 persen dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu yang menjadi prioritas sementara saat ini adalah pemberlakuan sistem satu arah atau one way di sejumlah ruas tol pada waktu-waktu tertentu.

Seperti saat arus mudik nanti, sistem one way diterapkan di kilometer 25 Cibitung sampai kilometer 262 Brebes Barat. Sementara untuk arus balik diberlakukan di kilometer 189 Palimanan sampai kilometer 25 atau 29 arah Cikampek. 

Selain itu, empat proyek pembangunan yang dianggap dapat menghambat arus lalu lintas juga akan dihentikan sementara. Diantaranya adalah proyek tol elevated Cikampek, pembangunan kereta cepat Bandung, LRT Jabodetabek, serta proyek tol Cibitung-Cilincing.

OCTA BARRY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments