hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

18 April 2019, 18:30 WIB

PERANCIS

Dibangun pada abad ke 12 hingga abad ke 14 Gereja berarsitektur gothik, Notre-Dame di Paris, Perancis terbakar pada 15 April 2019. Peristiwa ini membuat warga Katholik di Paris berduka, terlebih lagi musibah ini terjadi ketika memasuki pekan suci puncak perayaan Paskah. Penyebabnya juga belum diketahui secara jelas. Namun, tahukah kamu ternyata selain menjadi ikon bersejarah di Paris, Perancis, banyak fakta menarik lainnya mengenai Notre Dame yang menarik.

 

1. Bukan satu-satunya Kathedral yang bernama Notre Dame di Perancis

Kathedral Notre Dame de Paris ternyata bukanlah satu-satunya kathedral yang bernama tersebut. Selain di Paris, kathedral dengan nama serupa juga terdapat dia dua kota lainnya di Perancis, yaitu di Chartes dan Reims.

2. Dibangun lebih 100 tahun

Bangunan ini dibangun dalam waktu sangat lama. 

Kathedral yang dikenal sebagai salah satu contoh arsitektur gothik terbaik ini ternyata memakan waktu cukup lama dalam pembangunannya. Mulai dibangun sejak tahun 1160 dan hampir rampung di tahun 1260. Namun, kathedral ini terus mengalami perubahan selama beberapa abad selanjutnya.

3. Terdapat sebuah kota di bawahnya

Dilansir dari Mental Floss pada 16 April 2019, sekitar tahun 1710 ditemukan potongan pahatan yang dipercaya didedikasikan untuk Jupiter dan dewa-dewa lainnya. Hal ini tidak heran mengingat ternyata tempat berdirinya Notre Dame saat ini dulunya adalah kota Gallo-Romawi yang bernama Lutetia.

4. Menaranya bukanlah menara kembar

Kedua menara ini enggak sama ukurannya.

Jika dilihat sekilas sepertinya kedua menara yang menjulang tersebut terlihat seperti kembar. Tetapi, menariknya ternyata kedua menara tersebut tidak kembar. Faktanya menara utara sedikit lebih besar daripada menara yang selatan.

5. Diselamatkan oleh Napoleon

Pada 1804 Napoleon Bonaparte memutuskan untuk melaksanakan penobatannya sebagai Kaisar di Notre Dame. Namun, pada saat itu kondisi bangunan Notre Dame sangat buruk. Akhirnya, Napoleon pun memutuskan untuk memugar kembali bangunan tersebut dan mengembalikan fungsinya sebagai gereja kembali.

6. Memiliki Organ Terbesar di Perancis

Organ terbesar ada di dalam kathedral cantik ini.

Organ yang dimiliki Notre Dame memiliki 8000 pipa yang dapat dimainkan dengan lima keyboard, ini menjadikannya organ terbesar di Perancis. Meski sempat mengalami kerusakan akibat revolusi Perancis, organ tersebut kemudian dipulihkan kembali pada 2013 sekaligus menandai peringatan 850 tahun katedral.

MENTAL FLOSS | TRAVEL AND LEISURE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments