hero
(NET/Tutus Sugiarto)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

16 April 2019, 14:00 WIB

JAWA TIMUR, INDONESIA

Tindakan pencegahan politik uang (money politics) yang dilakukan warga Kawasan Kidul Pasar, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang patut diapresiasi. Warga menolak praktik money politics dengan memasang poster dan spanduk di setiap sudut kampung, mulai pos atau tempat-tempat warga biasa berkumpul.

Selain memasang poster bertuliskan stop politik uang, warga juga mencantumkan nomor kontak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang. Penggiat karang taruna setempat pun gencar melakukan sosialisasi pada masyarakat agar tidak menerima segala bentuk politik uang atau sering disebut serangan fajar jelang pencoblosan.

Pemasangan spanduk tolak politik uang oleh warga Kelurahan Sukoharjo, Kota Malang. (NET/Tutus Sugiarto)

Hebatnya lagi, warga mengaktifkan 50 kamera pantau (CCTV) untuk mengantisipasi oknum-oknum yang hendak membagikan uang atau sembako di masa pilpres dan pileg. Warga didorong agar memilih calon legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden sesuai rekam jejaknya. 

“Kalau kita berkaca pada tsunami korupsi massal DPRD Kota Malang itu tamparan bagi kita dan kita tidak ingin hal itu terulang,” ujar Sekretaris RT 03 RW 07, Kelurahan Sukoharjo, Deni Irwansyah.  “Jadi kita bikin kegiatan seperti ini, CCTV sebetulnya ada terus untuk mengawasi keamanan, untuk pemilu kita lakukan untuk hal-hal mencurigakan khusunya serangan fajar,” lanjut Deni.

Warga memantau wilayahnya lewat monitor yang terhubung dengan 50 CCTV. (NET/Tutus Sugiarto)

BACA JUGA:
Ada Kampung Anti Politik Uang di Tangerang Selatan
Desa Ngawas Bareng untuk Cegah Kecurangan Pemilu di Tangerang

Warga pun mengapresiasi tindakan karang taruna tersebut. “Supaya pemilu ini berjalan lancar dan sukses tidak ada pengaruh-pengaruh negatif, jadi biar yang jadi ya jadi, yang enggak jadi ya enggak jadi. Biar enggak ada permainan,” kata Syukur Mulyo Islan, salah seorang warga RT 03 RW 07. 

Maraknya politik uang akan mengotori penyelenggaraan Pemilu sehingga menurunkan legitimasi hasilnya. Oleh karena itulah politik uang harus dilawan. Lewat tindakan ini diharapkan politik uang bisa diminimalisir dengan menggandeng partisipasi aktif masyarakat. 

TUTUS SUGIARTO

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments