hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

8 April 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan pasti sering kali merasa tersiksa karena harus pilih-pilih menu makanan atau nggak bisa makan dalam jumlah banyak. Tapi ternyata ada makanan yang bisa dimakan dalam jumlah banyak tanpa bikin gemuk. Makanan-makanan ini mengandung banyak serat tapi rendah kalori.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa kamu makan tanpa takut bikin gemuk. Tapi yang penting dan perlu diingat adalah diet kamu harus seimbang dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan.

Popcorn

Nikmati popcorn tanpa rasa bersalah. (BRIGHT SIDE)

Jika kamu membuat popcorn tanpa tambahan mentega atau gula (bisa diganti dengan sedikit garam), kamu bisa memakannya tanpa takut gemuk. Seporsi popcorn tanpa mentega atau gula ternyata hanya mengandung 31 kalori.

Jeruk, Jeruk Bali, dan Jeruk Keprok

Kalau kamu sedang menurunkan berat badan, tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah dalam jumlah banyak. Namun, beda halnya dengan buah-buahan sitrus. Soalnya buah ini kaya akan serat, flavonoid, dan vitamin C. Selain nikmat, buah ini juga bermanfaat bagi pencernaan, hati, dan kulit.

Terung

Terung bakar dengan kalori minim. (BRIGHT SIDE)

Satu porsi terung bakar atau panggang tanpa minyak hanya memiliki 24 kalori. Jadi, kamu bisa menikmati sayuran ini sebanyak mungkin tanpa khawatir.

Melon dan Semangka

Dengan hanya 60-70 kalori setiap potongnya, kamu dapat menikmati melon dan semangkan sepanjang hari. Buah ini membantu mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh kamu.

Zucchini

Satu porsi zucchini hanya mengandung 24 kalori. Zucchini akan menormalkan rasio garam dan air dalam tubuh kamu, memperbaiki fungsi usus, dan bisa juga digunakan untuk menurunkan selera makan kamu.

Ketimun

Sayuran yang satu ini berguna banget buat siapa saja yang sedang menurunkan berat badan. Ketimun membentu melawan pembengkakan dan membuat tubuh jadi langsing tanpa berefek buruk bagi tubuh.

Telur

Telur bisa dikonsumsi kapan saja. (BRIGHT SIDE)

Kamu dapat mengonsumsi telur setiap saat, bahkan saat malam hari tanpa takut jadi gemuk. Tentunya telur rebus lebih baik dari pada telur goreng.

Nanas

Buah yang rasanya asam dan manis ini merupakan sahabat baik bagi kamu yang sedang diet. Kandungan bromelain dalam nanas secara aktif membakar lemak dan membantu memetabolisme protein.

Apel dan Plum

Apel dan plum juga minim kalori. (BRIGHT SIDE)

Satu buah apel hanya memiliki 50 kalori. Buah nikmat ini akan membantu melancarkan pencernaan kamu. Sementara plum kaya akan vitamin C dan potasium, yang akan melindungi jantung dan pembuluh darah kamu.

Beri: Kismis, cranberry, stroberi

Kismis dan cranberry kaya akan vitamin C, dan juga memiliki kemampuan diuretik untuk membantu menghilangkan kadar air berlebih. Stroberi merupakan buah yang kaya nutrisi dan membantu melancarkan pencernaan serta sistem kardiovaskular.

Kol, Brokoli, Kembang Kol

Kol dan kembang kol juga enggak kalah enak. (BRIGHT SIDE)

Sayuran-sayuran ini adalah teman bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan. Seporsi kol yang sudah dipotong hanya memiliki 7 kalori. Tentunya kamu tidak boleh hanya memakan kol dan kembang kol saja karena nutrisinya merupakan musuh yodium. Tapi kamu dapat mengonsumsinya beberapa kali dalam seminggu.

Sedikit kabar baik: Jika kamu mau tetap langsing, waktu makan malam terbaik adalah 3-4 jam sebelum tidur. Jadi, kalau kamu tidur pukul 11 malam, kamu bisa makan dengan tenang hing pukul 7 malam. Jika waktu tidur kamu dimulai tengah malam, maka makan malam di pukul 8 malam tidak akan jadi masalah.

BRIGHT SIDE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments