hero
(OleGunnarSolskjaer)

EDITOR : VANNICO SOEKARNO

28 Maret 2019, 21:26 WIB

INGGRIS

Ole Gunnar Solksjaer telah menandatangani selama kontrak tiga tahun bersama Manchester United setelah tampil mengesankan selama menjabat sebagai manajer sementara.

Pelatih asal Norwegia yang kembali ke Old Trafford pada Desember 2018, diberikan kepercayaan oleh Ed Woodward dan keluarga Glazer setelah dianggap berhasil memimpin Setan Merah raih 14 kemenangan dalam 19 pertandingan.

Diketahui bahwa Solksjaer ditawari pekerjaan secara permanen awal pekan ini dalam pertemuan  tatap muka dengan wakil ketua eksekutif Woodward di fasilitas pelatihan klub.

Kesepakatannya bernilai sekitar 7 juta poundsterlng per tahun atau kurang dari setengah bayaran manajer sebelumnya Jose Mourinho sebesar 18 juta poundsterling.

Manchester United juga akan membayar kompensasi kepada mantan klub Solksjaer, Molde, meski tidak berkewajiban untuk melakukannya. Namun menurut orang dalam Old Trafford, pembayaran tersebut dianggap sebagai ‘itikad baik’ MU.

Solksjaer juga telah membahas target transfer musim panas nanti dengan klub. Pihak manajemen dikabarkan telah menyiapkan dana untuk memperkuat tim dan siap untuk merealisasikannya.

Untuk membantu tugasnya di lapangan, Solksjaer akan dibantu oleh Michael Carrick, Kieran McKenna dan Emilio Alvarez. Sementara Mike Phelan masih belum jelas.

“Sejak hari pertama saya tiba, saya merasa betah di klub spesial ini,” kata Solksjaer dalam sebuah pernyataan di situs MU.

“Merupakan suatu kehormatan  menjadi pemain Manchester United dan kemudian memulai karir kepelatihan saya disini. Beberapa bulan terakhir telah menjadi pengalaman yang fantastis dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pelatih, pemain dan staf untuk pekerjaan yang telahkami lakukan sejauh ini.

“Ini adalah pekerjaan yang selalu saya impikan untuk dilakukan dan saya sangat senang memiliki kesempatan untuk memimpin klub jangka panjang dan mudah-mudahan memberikan kesuksessan yang berkelanjutan yang layak diterima oleh para penggemar kami.”

Legenda MU tersebut bermain untuk klub dai 1996 hingga 2007 dengan cetak 126 gol dalam 366 penampilan. Ia kemudian melatih tim jadangan MU hingga 2011.

Solksjaer mampu memberikan gairah terhadap sejumlah pemain kunci setelah beberapa bulan sebelumnya mengalami masa suram di bawah Jose Mourinho.

Ia menambahkan: “Ini benar-benar suatu kehormatan, saya telah berbicara tentang hal itu dalam beberapa bulan terakhir, itu adalah pekerjaan impian bagi setiap orang yang tertarik dengan sepak bola, bagi siapa pun yang terlibat dengan Manchester United.

“Saya telah diberi kesemepatan sekarang untuk memajukan klub. Dengan semua potensi yang ada, ini luar biasa.”

Solksjaer diangkat pada 19 Desember dan kepemimpinannya dimulai tiga hari kemudian ketika MU mengalahkan klub Premier League Cardiff 5-1, dengan Marcus Rashford cetak gol pertama klub di bawah manajer pinjaman efektif dari Molde.

MU kemudian mengalahkan Huddersfield, Bournemouth, Newcastle, Reading, Tottenham, Brighton dan Arsenal dalam pertandingan berturut-turut sebelum ditahan imbang Burnley setelah tertinggal dua gol.

Kekalahan pertama terjadi pada 12 Februari ketika PSG memenangkan pertandingan leg pertama 2-0 pada babak 16 besar Champions League, tetapi MU mampu membalikkan keadaan di Paris dengan menang 3-1 sekaligus memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

Solksjaer telah menerima pujian tinggi untuk mendapatkan yang terbaik dari para pemain-pemain bintang MU termasuk Paul Pogba, Rashford dan Anthony Martial.

Namun MU kalah dalam dua laga beruntun sebelum jeda internasional dengan Arsenal jadi tim pertama yang mengalahkan Solksjaer di Premier League sebelum Wolves menyingkirkan Seta Merah dari FA Cup.

Namun hasil negatif tersebut tidak membuat keluarga Glazer tidak memilih Solksjaer dan justru mendapat dana segar untuk bursa transfer musim panas nanti.

Woodward mengatakan: “Sejak masuk sebagai manajer sementara pada bulan Desember, hasil telah berbicara yang diraih Ole.

“Lebih dari sekedar permainan dan hasil, Ole membawa banyak pengalaman, baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih, ditambah dengan keinginan untuk memberui pemain muda kesempatan dan pemahaman mendalam tentang budaya klub. Ini semua berarti bahwa dia adalah orang yang tepat untuk membawa Manchester United maju.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ole dan tim pelatih atas semua yang telah mereka lakukan sejauh ini dan memberi selamat kepadanya atas penunjukkan yang layak ini. Para penggemar dan semua orang di klub ada di belakangnya saat dia ingin membawa kami ke tempat yang kami butuhkan dan membangun tahap selanjutnya dalam sejarah kami.”

Sebagai pemain, Solksjaer cetak gol kemenangan dramatis MU di menit akhir Champions League 1999 yang membawa MU raih treble bersejarah. Ia memenangkan 6 gelar Premier League dan dua FA Cup serta Champions League.

Sebagai manajer, ia telah memperoleh status pahlawan instan dari geneari penggemar MU saat ini, dengan lagu yang didedikasikan kepadanya: “Ole’s at The Wheel”. Ini dianggap oleh MU dalam tweet mereka sebagai konfirmasi pengangkatan Solskjaer.

Tentang para penggemar, Solskjaer mengatakan: “Saya selalu memilikinya tetapi saya harus mengatakan beberapa bulan terakhir ini benar-benar gila dengan cara mereka membawa ke klub, pemain, kepada saya dan staf pelatih juga. Kami sangat menghargai dukungan itu dan semoga kami dapat mengembalikannya sekarang.”

Solskjaer mengakui bahwa ia senang masa depannya akhirnya diselesaikan, baik dalam hal membuat rencana di klub maupund lam kehidupan keluarganya.

Ia menambahkan: “Kami benar-benar menikmati 8 tahun terakhir tinggal di Norwegia. Ini akan menjadi perubahan bagi mereka, tetapi kami menantikannya. Enam bulan yang kami sepakati sebagai sebuah keluarga kami sepakat untuk melakukannya secara terpisah karena tidak perlu atau untuk memindahkan mereka, itu sudah hilang sekarang.

“Sekarang kita bergerak bersama. Kami membangun sebuah rumah atau saya memulainya pada 2007 tetapi akhirnya mungkin pada 2019 kita dapat pindah kesana, itu perencanaan panjang.”

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments