hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

19 Maret 2019, 18:30 WIB

INDIA

Enggak hanya terkenal dengan Bollywood-nya, India juga terkenal dengan kota-kota tujuan wisatanya yang indah. Salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Kota Jaipur. Jaipur adalah salah satu kota terbesar di India dan dijuluki kota pink! Kebayang kan cute-nya.

Saat kamu menginjakan kaki di Jaipur pasti akan langsung paham kenapa kota ini dijuluki sebagai kota pink. Hampir semua bangunan bersejarah di pusat kota Jaipur memiliki dinding berwarna terakota “pink” yang menawan.

Salah satu sudut kota tua Jaipur.

Warna pink yang menghiasi kota Jaipur ini ternyata punya sejarah tersendiri. Semuanya bermula dari kunjungan Pangeran Albert, Prince of Wales ke India pada 1876. Warna pink pada setiap bangunan di Jaipur ini merupakan salah satu strategi Maharaja India saat itu, Sawai Ram Singh, untuk membuat Pangeran Albert terkesan.

Pangeran Albert menghabiskan 17 minggu di India untuk melakukan tugas kerajaan. Namun, Pangeran Albert merasa sangat kesepian karena tidak didampingi oleh istrinya, Ratu Victoria. Maharaja Ram Singh melihat keadaan tersebut sebagai kesempatan yang bagus untuk memperkuat hubungan dengan Inggris. Maka untuk menghibur Pangeran Albert yang kesepian, Maharaja Ram Singh kemudian mengecat seluruh bangunan kota Jaipur dengan warna pink.

Hawa Mahal, istana angin merah muda di Jaipur.

Warna pink dipilih karena memiliki arti penyambutan dan keramahan. Cat berwarna pink tersebut terbuat dari senyawa kalsium oksida yang mampu bertahan di kondisi kota Jaipur yang gersang.

Meski kunjungan Pangeran Albert sudah terjadi lebih dari 100 tahun yang lalu, hingga saat ini Jaipur masih tetap menawan dengan warna pink-nya. Alasan dibalik bertahannya warna pink Jaipur adalah peraturan yang dibuat terkait warna bangunan di Jaipur. Istri Maharaja Ram Singh ternyata sangat menyukai warna pink kota tersebut, sang ratu bahkan meyakinkan Maharaja agar membuat peraturan bahwa mengecat bangunan selain warna pink merupakan tindakan ilegal.

Warna pink berikan kesan berbeda.

Peraturan tersebut sebenarnya sudah tidak berlaku sejak 1877, namun efeknya masih terbawa hingga saat ini. Mengecat bangunan di kota Jaipur dengan warna pink seperti sudah menjadi tradisi penduduk. Hal inilah yang membuat warna pink kota Jaipur masih bertahan hingga sekarang.

Suasana kota yang dipenuhi dengan warna pink tersebut membuat Jaipur memiliki atmosfir yang berbeda dengan kota-kota di India lainnya. Warna pink kota Jaipur dapat membawa kebahagiaan dan kegembiraan untuk siapa saja yang mengunjunginya. Suasana romantis yang tercipta dari warna pink tersebut juga menjadi salah satu daya tarik Jaipur yang mungkin enggak akan ditemukan di tempat-tempat lain.

JAIPUR TRAVEL GUIDE | MAPS OF INDIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments