Salah satu wisata unggulan di Korea Selatan selain kosmetik dan kuliner adalah mengunjungi Demilitarized Zone (DMZ). Berdasarkan data dari Badan Pariwisata Korea Selatan (KTO), sebanyak 1,2 juta turis berkunjung ke tempat ini pada tahun 2018 lalu. Bahkan pasca pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, jumlah wisatawan yang berkunjung ke DMZ meningkat hingga 30 persen dari awalnya hanya 1200 pengunjung per hari menjadi 3000 pengunjung per hari. Mayoritas wisatawan ingin melihat seperti apa rupa perbatasan kedua negara, termasuk Taman Imjingak, Jembatan Pembebasan, Terowongan Infiltrasi Korut dan Stasiun Kereta Dorusan.

Wisatawan memandangi sisi Korea Utara dengan menggunakan teleskop yang disediakan gratis oleh Odusan Unification Tower. (NETZ/Albert Williancoen)

Namun jika kamu tidak sempat mengikuti tur DMZ atau berencana memilih untuk menikmati DMZ dengan harga yang lebih ramah di kantong, kamu dapat mengunjungi Odusan Unification Tower di daerah Paju. Odusan Unification Tower merupakan museum kecil bertema Unifikasi Korea yang penuh dengan benda-benda seni bersejarah yang unik dan indah. Di museum bersejarah ini terdapat tiga lantai observasi lengkap dengan teleskop gratis untuk melihat pemandangan desa di Korea Utara dari kejauhan. 

Odusan Unification Tower adalah alternatif terbaik jika kamu berencana untuk menikmati wisata DMZ selain Stasiun Dorusan, Taman Imjingak dan Panmunjom. Untuk dapat tiba di tempat ini kamu bisa mengkombinasikan antara kereta dan bus, kemudian dilanjutkan dengan menaiki shuttle atau berjalan menaiki bukit dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. “Lumayan ngos-ngosan jika harus trekking sampai atas nih”, ujar Timothy, kawan seperjalanan saat mengunjungi Odusan Unification Tower di Paju, Korea Selatan.

Suasana di dalam museum Odusan Unification Tower yang menggambarkan perjuangan rakyat Korea untuk unifikasi. (NETZ/Albert Williancoen)

Ruang observasi ini sendiri menunjukkan bagaimana usaha keras berbagai pihak untuk menyatukan kembali Korea Selatan dan Korea Utara. Di dalam museum, terdapat cerita tentang keluarga yang terpisah karena karena Perang Korea, gambaran kesedihan dan keputusasaan akibat tidak dapat berkumpul dengan orang-orang yang disayangi selama bertahun-tahun. Disamping itu juga ada cerita mengenai harapan tentang masa depan unifikasi dan langkah-langkah yang akan ditempuh. Ada beberapa bangunan disekitar gedung observasi ini dimana terdapat teleskop untuk melihat sekilas bagaimana kehidupan sehari-hari di sisi Korea Utara. Namun sebelumnya, pengunjung dapat menyaksikan film pendek berbahasa Korea yang menceritakan kehidupan di Korea Utara juga sejarah Korea Utara dan Korea Selatan.

Sungai Han, zona netral perbatasan Korsel dan Korut dimana jarak terjauhnya mencapai 1,4 km dan terdekat 400 m. (NETZ/Albert Williancoen)

Lewat teleskop dari menara pandang di Odusan Unification Tower ini, pengunjung dapat melihat sebuah desa kecil di seberang sungai Han. Dan jika cukup hening, kita dapat mendengar pidato propaganda Korea Utara dari loudspeaker yang diputar disana. Sungai Han sendiri merupakan Zona Netral antara perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan yang mana titik terjauhnya sekitar 1,4 km dan titik terdekatnya sekitar 400 meter yang memisahkan kedua negara.

Jadi, jika kamu ingin menikmati wisata perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan, tidak ada salahnya jika kamu jadwalkan kunjungan ke Odusan Unification Tower ini. Terdapat truk makanan di pintu masuk untuk kebutuhan cemilanmu dengan harga bersahabat, ada teater yang memutarkan film pendek mengenai bentuk geografi dan penampakan desa kecil, dan jika beruntung, kamu dapat melihat aktivitas sehari-hari warga Korea Utara berjalan di jalan berdebu dengan baju tradisional mereka lewat teleskop gratis.

NETZ | ALBERT WILLIANCOEN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments