hero
Brie Larson dalam 'Captain Marvel. (THE WRAP)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

7 Maret 2019, 07:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Akhir kisah 'Avengers: Infinity War' memang mengejutkan banyak penggemar film superhero. Berhasil mengumpulkan enam Infinity Stones, Thanos menjadi tak terkalahkan hingga melenyapkan separuh populasi semesta termasuk para pahlawan super Avengers. 

Tapi tenang, dalam post credit scene 'Avengers: Infinity War' Nick Fury berhasil menghubungi Captain Marvel menggunakan pager sebelum Nick ikut lenyap menjadi abu. Karakter Captain Marvel yang diperankan Brie Larson ini disebut sebagai pahlawan super terkuat Marvel Cinematic Universe oleh Presiden Marvel Studios Kevin Feige.

Captain Marvel muncul pertama kali dalam film solonya, yang berjudul 'Captain Marvel'. Captain Marvel diharapkan mampu mengalahkan Thanos dalam 'Avengers 4', yang akan tayang Mei 2019. Lalu bagaimana ya cara Captain Marvel mengalahkan sang Mad Titan untuk mengembalikan kedamaian dunia?

1. Menggunakan kekuatan supernya.

Captain Marvel. (MARVEL)

Captain Marvel memiliki nama asli Carol Susan Jane Danvers. Namun Carol bukanlah Captain Marvel Pertama dalam Marvel Universe. Pertama kali muncul dalam komik 'Marvel Super-Heroes' issue #13 pada Maret 1968, Carol dikisahkan berprofesi sebagai pilot Air Force Amerika Serikat yang akhirnya menjabat sebagai kepala keamanan NASA.

Saat di NASA, Carol bekerja dengan dr. Phillip Lawson yang sebenarnya merupakan seorang alien bangsa Kree bernama Mar-Vell alias Captain Marvel pertama. Dalam pertarungan melawan musuh, sebuah alat bernama psych magnetron meledak dan Mar-Vell melindungi Carol dari radiasi ledakan dengan tubuhnya sendiri.

Hal ini membuat Carol menyerap gen Mar-Vell yang menjadikannya campuran Kree dan manusia. Carol akhirnya memiliki kekuatan super seperti terbang hingga ke luar angkasa, mengeluarkan laser dari tangannya, menyerap berbagai macam energi, dan indera ke-7 yang mampu mendeteksi bahaya. Dalam komik, Carol Danvers pernah menjadi bagian dari geng Avengers dan mengalahkan Thanos beserta Black Order di bumi.

2. Menggunakan batu lainnya.

Captain Marvel. (LOOPER) 

Jika Thanos menjadi sangat kuat setelah berhasil mengumpulkan Infinity Stones, mungkin dibutuhkan batu lain untuk mengalahkannya. Dalam komik, terdapat batu bernama M'Kraan Crystal yang menyimpan energi dan mampu menjadi penghubung antar realita. 

Batu ini dilindungi oleh Shi'ar, salah satu ras Alien yang terkenal di Marvel Universe. Menghabiskan bertahun-tahun di luar angkasa, Captain Marvel telah berinteraksi dengan banyak kerajaan alien, termasuk Shi'ar. Hal ini diperkirakan membuat Captain Marvel bisa mendapatkan M'Kraan Crystal untuk melawan Thanos.

3. Menjadi Binary.

Captain Marvel. (SCREEN RANT)

Selain sebagai Captain Marvel, Carol Danvers pernah memiliki berbagai identitas lain seperti Miss Marvel, Warbird dan Binary. Dalam salah satu kisah komik Marvel, Carol dan para anggota X-Men pernah diculik oleh para Brood, yaitu ras Alien yang kerap melakukan eksperimen pada para tahanan mereka. 

Akibat eksperimen Brood, Carol memiliki kekuatan serta identitas baru yaitu Binary. Sebagai Binary, Carol memiliki kekuatan White Hole, yaitu kekuatan panas, cahaya, energi, gravitasi, dan kesadaran kosmik yang membuatnya mampu menembus ruang. Jauh lebih kuat, Carol bahkan pernah menghabiskan kekuatannya sebagai Binary untuk menghidupkan kembali matahari yang mati. Saat berubah menjadi Binary, Carol diperkirakan mampu mengalahkan Thanos dalam waktu singkat.

4. Membawa bantuan dari luar angkasa.

Captain Marvel. (LOOPER) 

Carol Danvers pernah menjadi anggota dari hampir seluruh tim pahlawan super di Marvel Universe. Salah satu peran terpentingnya adalah sebagai duta besar perwakilan planet bumi di panggung galaksi. Carol biasa melakukan negosiasi embargo antar para Shi'ar dan mengumpulkan para sekutu untuk membantu bumi menghadapi invasi luar angkasa. 

Memiliki DNA alien dan menguasai banyak bahasa alien, Carol sebagai Captain Marvel diperkirakan memanggil bantuan dari berbagai sekutu di luar angkasa, termasuk bangsa Kree dan karakter Galactus untuk mengalahkan Thanos.

5. Memanggil Silver Surfer.

Brie Larson dalam 'Captain Marvel. (GEEK TYRANT)

Dalam komik seri 'Infinity Gauntlet', salah satu rencana karakter Adam Warlock adalah mengumpulkan para superhero yang tersisa untuk melawan Thanos hingga mengalihkan perhatian Thanos agar Silver Surfer dapat berlari sangat cepat dan mencuri gauntlet yang berisi Infinity Stones.

Dalam film, Captain Marvel diperkirakan melakukan apa yang direncanakan Adam Warlock di komik. Teori ini menjadi yang paling mungkin terjadi karena Captain Marvel melibatkan para pahlawan super Avengers yang tersisa dan selamat dari kejadian dalam 'Avengers: Infinity War'.

Diciptakan penulis Roy Thomas dan komikus Gene Colan, sebelum menjadi Captain Marvel Carol Danvers pernah menjadi mata-mata CIA, wartawan, serta Warbird setelah sempat kehilangan kekuatan supernya. Carol yang sebelumnya dikenal sebagai Miss Marvel mengganti identitasnya menjadi Captain Marvel sebagai penghormatan atas Mar-Vell. Gelar Miss Marvel kini diisi oleh karakter Kamala Khan.

Disutradarai oleh Anna Boden dan Ryan Fleck, 'Captain Marvel' menampilkan karakter-karakter populer MCU lainnya seperti Ronan (Lee Pace), Nick Fury (Samuel L. Jackson), Agent Coulson (Clark Gregg), serta karakter baru Mar-Vell (Jude Law).

LOOPER | COMIC BOOK

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments