hero
(NET/Panji Apriyanto)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

21 Februari 2019, 18:00 WIB

JAWA BARAT, INDONESIA

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman secara simbolis melepas langsung ekspor 92 ton buah manggis di komplek Asrama Haji Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis siang. Amran hadir didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan sejumlah tokoh masyarakat. 

Ekspor kali ini terbilang istimewa karena sebelumnya ekspor manggis dari Indonesia harus terlebih dahulu transit di Malaysia dan Singapura. Namun kini manggis Indonesia termasuk dari Sukabumi dapat langsung dikirim ke negara tujuan yaitu Cina. 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat melepas ekspor manggis ke Cina. (NET/Panji Apriyanto)

“Kita melepas ekspor dari Indonesia langsung ke Tiongkok bahkan kita sudah tembus ke beberapa negara. Dan hari ini kita langsung melihat ekpor semakin meningkat. Ekspor kami dari 2017 itu 9.000 ton, kemudian di 2018 38 ribu ton. Itu meningkat 300 persen,” kata Amran.

Kenaikan ini ungkap Amran, salah satunya karena adanya akses langsung ekspor ke Cina. “Karena kita membuat akses langsung ke Cina, Tiongkok, dan seterusnya. Ini upaya pemerintah untuk meningkatkan pendapatan petani kita, meningkatkan kesejahteraan petani kita,” lanjut Amran.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman bertemu petani dan santri milenial di Sukabumi. (NET/Panji Apriyanto)

Secara keseluruhan kata Amran, ekspor pangan Indonesia naik sekitar 29 persen atau Rp 400 triliun. Selain itu, ada sebanyak 460 komoditas pangan yang dikelola Kementerian Pertanian sehingga produk pangan tidak hanya mengandalkan padi dan jagung.

Usai melepas ekspor manggis, Amran menyapa 10.500 petani dan santri milenial di Kabupaten Sukabumi untuk berdialog dan memberikan berbagai macam bantuan untuk pengembangan sektor pertanian seperti domba, bibit ayam, pakan ternak, dan bantuan benih. 

PANJI APRIYANTO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments