hero
(NET.CJ/Eki Arum Khasanah)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

19 Februari 2019, 17:05 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Kamu sering merasa bosan dengan kain yang modelnya mainstream dan gitu-gitu aja? Kalau iya, berarti kamu harus cobain kain dengan motif milik Rumah Mode Kainee ini. Jangan salah, meski terlihat biasa cap daun pada kain-kain ini berdasarkan dari daun asli loh. Enggak cuma dijadikan sebagai motif, daun-daun ini juga dijadikan sebagai pewarna alami.

Usaha kain ini dibuat oleh seorang perempuan bernama Hastin Solikhah. Ia mengaku menemukan ide bisnis ini karena terinspirasi dari salah satu teman Facebook-nya di Australia. Setelah bertanya-tanya tentang cara pembuatannya, Hastin pun mulai usahanya pada tahun 2017 lalu.

(NET.CJ/Eki Arum Khasanah)

"Tujuan awal saya membuat usaha ini karena ingin terus berkarya, tapi tidak menambah kerusakan alam saja sih. Jadi gimana caranya berkarya tapi menggunakan bahan-bahan alam. Kebetulan saya suka tanaman juga, kayaknya matching saja. Dan suka tekstur dan motif yang abstrak, itu saya suka. Kayak udah klik saja begitu," ujar Hastin.

Untuk membuat kain dengan motif unik ini, Hastin menggunakan bahan-bahan dari daun Jati, Kayu Putih, dan daun Lanang. Harga yang ditawarkan untuk kain-kain ini berkisar antara Rp100 ribu hingga jutaan rupiah tergantung jenis dan ukuran kain.

(NET.CJ/Eki Arum Khasanah)

Setelah memulai bisnis tersebut, Hastin kemudian sering mengikuti pameran di luar kota. Dari pameran tersebut, ia kemudian mendapatkan banyak pelanggan mulai dari luar daerah hingga luar negeri seperti Korea, Jepang, dan Eropa. Penghasilannya perbulan bahkan kini mencapai Rp5-20 juta.

Untuk masalah penjualan sendiri, Hastin memanfaatkan media online dan pameran yang sedang berlangsung. Tapi enggak jarang juga ia datang langsung ke rumah pelanggannya yang masih berada di lokasi Gamping, Sleman, dan Yogyakarta.

NET.CJ EKI ARUM KHASANAH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments