hero
(NET)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

1 Februari 2019, 19:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Penyataan "Yang Gaji Kamu Siapa?" dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang disampaikan pada acara internal Kominfo pada hari Kamis, 31 Januari 2019 lalu berbuntut panjang. Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) melaporkan pernyataan Rudiantara tersebut kepada Bawaslu RI. Pernyataan tersebut menurut ACTA dinilai sebagai imbauan atau seruan mengajak kepada keberpihakan serta penggiringan pola pikir untuk tidak mencoblos paslon capres nomor urut 02.

Yeyet Nurhayati, salah seorang tim ACTA berikan keterangan pada awak media di gedung Bawaslu RI, Jumat (1/2). (NET/Ginanjar Hanggarawan)

"Bahwa tindakan Menkominfo Rudiantara tersebut diduga merupakan tindakan berupa pernyataan yang terkait dengan Pemilu karena dengan jelas mengatakan nyoblos ada kata nyoblos," ujar Yeyet Nurhayati, salah seorang tim ACTA di gedung Bawaslu RI, Jumat, 1 Februari 2019. 

Dalam laporannya tim ACTA membawa barang bukti berupa rekaman video Rudiantara di acara tersebut. Tim ACTA melaporkan Rudiantara telah melanggar pasal 282 junto 283 ayat 1 dan ayat 2 serta pasal 547 Undang Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Tim ACTA sedang menyerahkan bukti-bukti pelanggaran Pemilu yang dilakukan Menkominfo Rudiantara kepada Bawaslu RI di gedung Bawaslu Jakarta. (NET/Ginanjar Hanggarawan)

Sebelumnya, pernyataan Menkominfo Rudiantara yang menjadi viral ini bermula ketika ia meminta pegawainya memilih satu diantara dua desain stiker. Konteks sebenarnya memang bukan terkait Pilpres, melainkan voting desain stiker. Kemudian Rudiantara menanyakan ke salah satu pegawai alasan memilih desain nomor 2, dan pegawai tersebut memberi jawaban yang mengarah ke masalah Pilpres. Oleh karena itulah Rudiantara melontarkan pernyataan "Yang Gaji Kamu Siapa?" pada pada pegawai setelah turun panggung usai voting.

GINANJAR HANGGARAWAN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments