hero
(FMT/Berita Harian)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

24 Januari 2019, 06:05 WIB

MALAYSIA

Bullying adalah salah satu kasus yang sangat susah hilang di lingkungan sekolah. Apalagi, banyak sekali kejadian bullying yang tidak terpantau oleh guru dan pihak sekolah. 

Nah, karena pernah merasakan jadi korban bully, seorang bocah berusia 10 tahun yang bernama Umar Wafi Zulkafri ini kemudian memutuskan untuk membuat sistem alarm anti bullying di sekolah mereka loh.

Dilansir dari laman World of Buzz pada 23 Januari 2019, Umar awalnya memiliki ide ini karena ia merasa tidak tahan melihat adiknya yang baru berusia 8 tahun jadi korban bully. Saat itu, adiknya yang bernama Iman Hasya terus  menangis karena diganggu oleh siswa lain saat berada di sekolah.

(NST)

Untuk menciptakan alarm ini, Umar juga dibantu oleh adiknya dan kedua temannya yang juga merupakan murid Sekolah Rendah Islam Hira' di Klang, Malaysia. Alarm ini terdiri dari dua tombol dan ditempatkan di seluruh area sekolah.

"Perangkat ini dilengkapi dengan dua tombol yang akan ditempatkan di sekitar sekolah, termasuk di kelas dan toilet. Mereka yang diganggu atau menyaksikan aksi bullying dapat menekan salah satu dari dua tombol ini," kata Umar.

(Berita Harian)

Kedua tombol itu terdiri untuk dua jenis bullying, yaitu verbal dan fisik. Nantinya jika ada yang menekan kedua tombol itu, alarm tersebut akan memberitahukan lokasi kejadian pada guru mereka dengan sistem notifikasi melalui ponsel.

Meski sudah sukses dengan membuat alarm anti bullying, Umar mengaku akan berencana untuk meningkatkan sistem dengan menempatkan CCTV. Hal ini dilakukan untuk memastikan aksi bully dapat terekam.

Inovasi Umar dan rekan-rekannya ini menuai respon positif baik dari pihak sekolah ataupun pihak lain. Bahkan  ia dan  timnya berhasil  mendapatkan  mendali emas di Olimpiade Batang Internasional 2018 dan Smart Selangor Young Innovator For Primary School.

(NST)

Koordinator program Sain dan Teknologi, Muhammad Fadhil menyatakan bahwa tim memulai proyek alarm tersebut sejak tahun lalu. Dia akan mencoba untuk memperluas inovasinya dengan menempatkan sistem di semua kelas dan lokasi yang berpeluang untuk terjadinya intimidasi.

Kini beberapa sekolah sudah menyatakan tertarik dengan sistem alarm anti bullying itu. Namun sebelum diberikan pada sekolah lain, Umar dan tim akan memastikan sistem tersebut berjalan lancar di sekolah mereka.

WORLD OF BUZZ

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments