hero
(HUFFPOST CANADA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 Januari 2019, 15:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bicara soal pulau, yang umumnya terbayang pasti pulau destinasi wisata yang indah. Bernuansa tropis, dan menyajikan pemandangan alam memukau.

Tapi, asal kamu tahu saja, ada beberapa pulau di dunia ini yang justru jauh dari stereotip itu. Sejumlah pulau di dunia memiliki keunikan sekaligus misteri di balik sejarahnya yang enggak kalah patut kamu ketahui. Pulau apa sajakah itu?

1Pulau Goqui

Pulau Goqui merupakan bagian dari kepulauan terbesar di Tiongkok. Pulau ini pernah menjadi rumah bagi para nelayan. Yang kemudian berbondong-bondong meninggalkannya untuk pindah ke area daratan.

Sejak saat itu, seluruh jalan dan bangunan di pulau ini diselimuti tumbuhan hijau. Yang menutupi hampir seluruh bagiannya. Karena telah lama terabaikan.

2Pulau Mauritius

Pulau Mauritius. (TWISTEDSIFTER)

Selain menjadi surga tropis, sumber daya alam pulau ini sangat unik. Yaitu menciptakan ilusi menakjubkan. Ketika dilihat dari atas, aliran pasir dan endapan lumpur memberi kesan bahwa ada ‘Air Terjun Bawah Air’ di perairan sekitar pulau ini.

Mauritius sendiri merupakan sebuah negara pulau di Samudera Hindia. Negara ini terletak di sebelah timur daratan Afrika, sekitar 2.200 km dari pantai terdekat daratan Afrika. Dan berjarak 800 km dari Madagaskar.

3Pulau Ular

Pulau Ular. (CHD.IN)

Pulau Ular menjadi rumah bagi salah satu ular paling berbisa di dunia, Golden Lancehead. Beberapa spesialis memperkirakan bahwa ada sekitar 4.000 ular yang hidup di sana. Yang berarti seenggaknya ada satu ular di setiap meter persegi pulau ini. Tempat ini sangat berbahaya sehingga pemerintah Brasil telah melarang semua pengunjung.

4Pulau Socotra

Pulau Socotra sekilas tampak seperti berada di planet lain. Bahkan beberapa orang percaya bahwa pulau ini sebenarnya adalah Taman Eden.

Taman ini sudah terisolasi untuk waktu yang lama. Dan menjadi rumah bagi beberapa tanaman yang sulit ditemukan di tempat lain di Bumi. Misalnya, Pohon Darah Naga yang terlihat seperti payung alami yang tampak sempurna.

5Pulau Clipperton

Pulau Clipperton adalah pulau karang kecil, yang hanya seluas 6 km persegi dan terletak di Samudra Pasifik. Sekitar tahun 1910, mercusuar dibangun. Dan sekitar 100 orang tinggal di pulau ini. Termasuk keluarga dan anak-anak.

Setiap 2 bulan kapal akan tiba untuk memasok makanan dan kebutuhan lainnya. Sampai pada tahun 1914, kapal berhenti datang karena Perang Saudara Meksiko. Orang-orang di pulau itu dilupakan, dibiarkan hidup tanpa hutan atau lahan pertanian.

Pada tahun 1917, korban terakhir ialah 3 wanita dan 8 anak-anak. Semuanya kekurangan gizi, untungnya dapat diselamatkan dan dievakuasi dengan kapal Amerika.

6Pulau Ernst Thälmann

Pulau Ernst Thälmann. (BIG THINK)

Ernst Thälmann adalah sebuah pulau kecil dekat Kuba. Pada tahun 1972 pemimpin Kuba Fidel Castro menjadi tuan rumah kunjungan untuk pemimpin Jerman Timur Erich Honecker. Dan selama waktu itu, pulau ini dinamai untuk menghormati Ernst Thälmann. Dan diberikan kepada Republik Demokratik Jerman.

Sejak Tembok Berlin runtuh serta Jerman Barat dan Timur menjadi satu negara, Pulau Ernst Thälmann belum disebutkan dalam dokumen apa pun. Dengan kata lain, secara teknis sebidang kecil tanah itu adalah bagian terakhir yang tersisa dari Jerman Timur.

7Pulau Tambang Diavik Diamond

Pulau Tambang Diavik Diamond. (HUFFPOST CANADA)

Pulau Tambang Diavik Diamond pada dasarnya hanyalah sebuah kawasan tambang berlian yang besar. Tambang Diavik, terletak di Kanada Utara, dibuka 15 tahun lalu. Dan telah menghasilkan lebih dari 100 juta karat, atau sekitar 20 ton berlian.

Pulau ini merupakan proyek yang luar biasa, rumit dan sangat sukses. Sehingga sebuah buku ditulis khusus tentang pulau ini.

 

BRIGHTSIDE| ALLTHATSINTERESTING

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments