hero
(VERYWELL FIT)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 Desember 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Menurut para ahli kesehatan, ukuran pinggang di atas kisaran 102 cm pada pria dan 88 cm pada perempuan dapat menjadi tanda-tanda obesitas perut. Lemak yang berada di aera perut dapat memengaruhi produksi insulin dalam tubuh. Bahkan berkontribusi meningkatkan tingkat hormon stres juga lho seiring dengan waktu.

Itulah kenapa sangat penting untuk kamu menjaga area perut. Enggak hanya bagus bentuknya, tapi juga sehat dan bugar. Berikut ini beberapa gerakan olahraga yang terbukti efektif mengenyahkan lemak-lemak di perutmu.

1Reclined spinal twist

Berbaringlah telentang dengan tangan terentang ke samping. Pertahankan kaki kirimu lurus, tekuk lutut kanan dan gerakkan ke arah dada.

Perlahan biarkan lutut kanan berguling ke sisi kiri, dan kaitkan kaki kanan di belakang paha kirimu. Kemudian Letakkan tangan kiri pada lutut yang ditekuk. Dan tekan dengan lembut untuk mengintensifkan peregangan. Tahan posisi ini selama 5-10 detik, kemudian ulangi latihan dengan kakimu yang satunya.

2Reverse plank kicks

Berbaringlah telentang, lalu angkat tubuh dengan topangan kedua tangan dan kaki di lantai. Turunkan sedikit bokong ke lantai dan angkat kaki kiri ke arah langit-langit pada sudut 45 derajat pada saat yang bersamaan. Kembali ke posisi reverse plank dan ulangi dengan kaki yang lain. Lakukan 10-15 repetisi dengan masing-masing kaki.

3Criss-cross

Berbaringlah dengan kaki lurus dan tangan ditempatkan di belakang kepala. Angkat tubuh ke atas dan angkat kedua kaki ke atas.

Kemudian tekuk lutut kanan dan tarik ke arah siku kiri sambil menjaga kaki kiri tetap lurus. Kembali ke posisi awal dan ulangi dengan sisi yang berlawanan. Lakukan 15-20 repetisi di kedua sisi.

4Knee to elbow plank

Ambil posisi seperti mau melakukan plank dengan tangan lurus dengan bahu, kaki lurus dan bertumpu pada jari-jari kaki. Tekuk lutut kanan dan tarik kaki ke arah siku kirimu.

Tahan posisi selama 2-3 detik, lalu bawa kaki kembali ke posisi plank. Ulangi latihan ini 10 kali di kedua sisi.

5Russian twist

Duduk di lantai dengan lutut ditekuk dan tangan terkunci bersama. Sandarkan sedikit badan ke sudut 45 derajat sambil menjaga tumit tetap di lantai.

Perlahan-lahan ayunkan lengan ke sisi kanan dengan gerakan memutar sampai kamu menyentuh lantai dengan tanganmu. Kembali ke posisi awal dan ulangi dengan sisi yang berlawanan. Lengkapi 10 pengulangan di kedua sisi.

6Toe touch crunches

Berbaringlah telentang dengan kaki lurus dan lengan terentang di atas kepala. Angkat kaki dan lenganmu lurus dari lantai sampai posisi bokong seimbang. Jangkau dan coba sentuh jari-jari kakimu dengan tangan, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi 10 kali.

7Low belly leg reach

Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk pada sudut 90 derajat dan tangan di belakang kepala. Tarik napas dan angkat tubuh bagian atasmu dari lantai. Tahan posisi selama 5 detik.

Hembuskan napas dan rentangkan kedua kaki ke sudut 45 derajat. Tahan pose itu selama 5 detik lagi.

Perlahan-lahan turunkan tubuh bagian atasmu kembali ke lantai sambil menurunkan kaki secara bersamaan. Rileks selama 10 detik dan ulangi latihan lagi. Lakukan 10-15 pengulangan.

8Butterfly crunch

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk ke samping, telapak tangan bersatu dan lengan terentang di atas kepala. Tekuk dada ke arah kaki sambil mengangkat kaki ke arah tubuh bagian atas. Perlahan-lahan turunkan dada dan kaki untuk kembali ke posisi awal. Ulangi latihan ini 10 kali.

9Single leg hamstring bridge

Berbaring telentang dengan lutut kiri ditekuk, telapak kaki di lantai. Sementara kaki kanan memanjang lurus ke arah langit-langit.

Angkat pinggul dari lantai seperti membuat jembatan badan. Tahan posisi selama sekitar 2-3 detik, lalu perlahan-lahan turunkan pinggul ke belakang. Turunkan dan angkat pinggul sebanyak 12-15 kali, lalu beralih ke kaki yang berlawanan dan lengkapi jumlah pengulangan yang sama.

10Leg lifts

Berbaring telentang dengan tangan di sisi tubuh dan kaki lurus. Kemudian angkat tubuh bagian atas dan letakkan siku tepat di bawah bahumu. Sehingga lengan bawah dan atas membentuk sudut 90 derajat.

Kencangkan abs dan angkat kedua kaki agar tumitmu berada 25 cm di atas lantai. Kemudian turunkan kembali tanpa menyentuh lantai. Ulangi 15 kali.

BRIGHTSIDE| LIVESTRONG| GETHEALTHYU

YOUTUBE: VENTUNO YOGA| DAREBEE| LIVESTRONG.COM| EXPERTVILLAGE| HEALTH MAGAZINE| IAMUNBROKEN| HOWCAST

 

 

 

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments