hero
(NET)

EDITOR : ALBERT SUMILAT

17 Desember 2018, 17:24 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Fenomena guguran lava pijar Gunung Merapi teramati dari rekaman CCTV di Pos Balairante, Klaten, Jawa Tengah. Guguran Lava ini terjadi pada Minggu malam, 16 Desember 2018 sekitar pukul 19:08 WIB. Guguran lava pijar Gunung Merapi ini terpantau mengarah ke bukaa kawah aliran kali Gendol dengan jarak luncuran sejauh 300 meter. Namun intensitas guguran lava ini masih terbilang rendah, hampir sama dengan guguran lava yang terjadi sebelumnya pada tanggal 23 November 2018 lalu. 

Kepala Pos PGM Kaliurang, Sunarta berikan keterangan pada awak media di Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang, DIY, Senin (17/12). (NET/Sigit Pamungkas)

"Itu konsekuensi dari pembentukan kubah jadi karena ada ke permukaan kemudian dari proses pembekuan mungkin ada yang gugur, ada yang membentuk kubah, ada yang gugur seperti itu," ujar Kepala Pos PGM Kaliurang, Sunarta kepada awak NET, Sigit Pamungkas di Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang, DIY, Senin, 17 Desember 2018.

Asap solfatara keluar dari kubah lava Gunung Merapi terlihat dari Balerante, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (29/11/2018). Menurut data Balai Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPTKG) Yogyakarta per 22 November 2018 volume kubah lava Gunung Merapi mencapai 308.000 meter kubik dan mencatat terjadi empat guguran kubah lava yang mengarah ke hulu sungai Gendol di Kabupaten Sleman. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sunarta menambahkan bahwa ini merupakan fenomena biasa, dan meminta masyarakat tidak perlu khawatir dan panik karena jarak luncur masih rendaha dan dalam kategori aman. Per tanggal 13 Desember 2018 ini jumlah kubah lava yang terbentuk mencapai 359.000 meter kubik, dengan rata-rata pertumbuhan 2.200 meter kubik per hari. Meski masih berada pada level dua atau waspada, BPTKG Yogyakarta menghimbau kepada warga di lereng Merapi untuk tetap tenang.

SIGIT PAMUNGKAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments