hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

13 Desember 2018, 14:00 WIB

KOREA SELATAN

Menjadi idol yang populer, artinya memiliki kekuatan yang luar biasa terhadap publik. Apapun yang mereka pakai, iklankan dan lakukan, akan serta merta diikuti para penggemarnya. Menghabiskan jutaan rupiah, bukan masalah untuk para penggemar ini.  Dari sekian banyak idol yang populer, ada 10 grup yang paling berpengaruh saat ini! Apakah idol favorit kalian ada dalam daftar ini? Oya, ini daftarnya tidak berdasarkan urutan tertentu ya.

1. Wanna One

Wanna One. (KOREA BOO)

Wanna One terbentuk melalui seleksi reality show ‘Produce 101’, musim kedua. Grup ini langsung mencuri perhatian publik dan populer tak hanya di Korea. Hal ini ditandai dengan selalu ludesnya tiket konser dan fansign mereka. Kurang dari setahun sejak debut resminya, Wanna One menduduki peringkat 1 ‘Boygroup Brand Power Ranking’ selama 4 bulan berturut-turut.

Mereka juga terpilih sebagai ‘Artis K-Pop Terbaik tahun 2017’ dan menduduki peringkat 2 di ‘Daftar Selebriti Terkuat Forbes Korea 2018’, yang menegaskan bahwa mereka memang salah satu selebriti Korea Selatan yang paling kuat dan berpengaruh saat ini! Sayangnya, kontrak Wanna One akan segera berakhir pada 31 Desember 2018.

2. Twice

Twice! (KOREA BOO)

Twice memiliki basis penggemar lintas batas, berbagai usia, jenis kelamin tergabung sebagai Once, sebutan untuk penggemar Twice. Hal ini dikarenakan setiap anggota Twice memiliki kepribadian unik, dan sebagai grup, mereka memiliki kerjasama yang mengagumkan.

Sejak debut mereka di tahun 2016, Twice telah meraih banyak  kesuksesan dan penghargaan. Mereka juga dijuluki "Asia’s # 1 Girl Grup" dan " Nation’s Girl Group " yang baru. TWICE menduduki puncak tangga penjualan digital dan fisik dalam setiap comeback. Pada bulan Juni 2017, Twice resmi debut di Jepang dan meraihperingkat  nomor 2 di tangga album Oricon. Mereka berhasil menjual 136.157 album dalam 7 hari pertama. Mereka juga menempati peringkat 3 di “Forbes Korea Power Celebrity”,  serta no. 18 di Billboard 21. Pencapaian terbaru mereka adalah menjadi girl band  K-Pop tercepat yang mencapai 250 juta penonton dengan video musik “LIKEY”.

3. BTS

BTS. (ALL KPOP)

Boyband beranggotakan 7 orang ini terus memecahkan rekor demi rekor. BTS telah membuat terobosan internasional, dengan daftar penghargaan yang komprehensif. Terkenal karena aktif di sosial media, BTS merupakan grup Korea pertama yang menang di ‘Billboard Music Awards’, kategori ‘Top Social Artist Awards’ selama 2 tahun berturut-turut. Tahun 2018, BTS makin bersinar di dunia internasional. 

Mereka muncul menjadi tamu di acara-acara ikonik, seperti ’Good Morning America’ dan ‘The Tonight Show with Jimmy Fallon’. Mereka juga diundang menjadi pembicara di markas besar PBB dan menjadi sampul majalah ‘TIME’. Di pengunjung tahun 2018, BTS juga masuk nominasi Grammy Awards dalam kategori ‘Best Recording Package” dengan album LOVE YOURSELF: TEAR.

4. Girls' Generation

Girls' Generation. (KOREA BOO)

Girls' Generation menjadi terkenal dengan single "Gee" yang sukses luar biasa. Album debut Jepang mereka, "Girls 'Generation", menjadi album pertama grup wanita non-Jepang yang dijuluki "Million" oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang. Kesuksesan mereka di Jepang berlanjut dengan banyak album dan konser yang jumlah penontonnya memecahkan rekor.

Mereka dianggap sebagai salah satu tokoh paling menonjol dalam budaya Korea Selatan dan telah dipuji oleh banyak media internasional yang menyebut mereka "No. 1 Asia’s Girl Group".  Dari 2009 hingga 2011, Girls 'Generation menghasilkan sekitar  62 juta dolar AS, dengan 20 juta dolar keuntungan bersih, sehingga membuat mereka menjadi  artis berpenghasilan tertinggi di SM Entertainment.

5. EXO

EXO. (KOREA BOO)

EXO adalah grup pertama di Korea dengan  2 subunit yang mempromosikan musik yang sama pada saat bersamaan, di Korea dan Cina pada saat debut. Menargetkan pasar Korea dan Cina, mereka dibagi menjadi EXO-K dan EXO-M tetapi kemudian digabungkan menjadi  EXO. EXO telah membuat beberapa pencapaian signifikan secara internasional sejak debut mereka, dan telah menjual lebih dari satu juta kopi dari beberapa album.

Di antara banyak prestasi lainnya, EXO tampil pada upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 dan dinobatkan sebagai salah satu dari lima selebriti paling berpengaruh dalam daftar Selebriti Korea Forbes Korea dari 2014 hingga 2018. Mereka diberi medali peringatan dari Korea Mint Corporation atas kontribusinya dalam menyebarkan budaya Korea sebagai perwakilan K-Pop.

6. IU

IU. (ALL KPOP)

Meskipun usianya  relatif muda, IU telah aktif di industri musik selama 10 tahun.  Saat ia memulai debutnya ketika ia baru berusia 15 tahun. Lagu "Good Day" berada di puncak Gaon Digital Chart selama 5 minggu berturut-turut, dan  dijuluki "Korean Little Sister". Dia adalah salah satu dari beberapa artis solo yang dapat bersaing dengan banyak grup idol yang mendominasi pasar, dan dia juga pernah masuk dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity sejak tahun 2012. Dia juga telah menjadi pembawa acara radio dan televisi serta berakting di serial drama. IU benar-benar multi talenta!

7. BIGBANG

BIGBANG. (KOREA BOO)

BIGBANG sering dianggap sebagai salah satu artis paling berpengaruh yang membantu menyebarkan Hallyu Wave secara internasional dan dijuluki "Kings of K-Pop" oleh media. Mereka telah menjual lebih dari 150 juta kopi dan merupakan salah satu boy band dengan penjualan terbesar di dunia.

Mereka terpilih sebagai salah satu selebriti paling kuat di Korea Selatan pada tahun 2010, 2012, 2013, 2014 dan 2016 dan merupakan artis Korea pertama yang masuk ke dalam Selebriti Forbes 100 serta berada di peringkat 30 dalam daftar musisi paling berpengaruh dari dunia pada tahun 2016 dan 2017. G-Dragon, khususnya, terdaftar di Forbes 30  untuk hiburan dan olahraga Asia, dan secara luas diakui karena pengaruhnya pada budaya anak muda, fashion dan musik di Korea Selatan. Dengan daftar panjang lagu-lagu populer yang ditulisnya serta album solonya yang sukses, ia adalah salah satu idola paling kuat dalam industri K-Pop.

8. Super Junior

Super Junior. (ALL KPOP)

Super Junior mulai mendapatkan pengakuan internasional melalui single hit mereka "Sorry, Sorry" pada tahun 2009 dan sejak itu menjadi sangat sukses. Setiap anggota berhasil dalam berbagai bidang industri hiburan termasuk akting, radio dan pembawa acara televisi. Hal ini tidak mengejutkan karena anggota kelompok awalnya dipilih untuk pengalaman mereka di berbagai bidang seperti akting, presentasi, hosting hingga modeling. Salah satu subunit  mereka, Super Junior-M, yang dibentuk pada tahun 2008 juga meraih sukses di Cina dan memenangkan banyak penghargaan di festival musik Cina. Setelah mengunjungi berbagai tur dunia dalam 13 tahun terakhir sejak debut mereka, mereka telah menjadi salah satu nama terbesar di industri K-Pop.

9. PSY

PSY. (KOREA BOO)

PSY adalah penyanyi, rapper, penulis lagu, dan produser rekaman yang memulai debutnya sebagai penyanyi pada tahun 2001 dengan albumnya ‘Psy from Psycho World!’. Produser berbakat ini telah menulis dan mengkomposisi lagu-lagu hit seperti lagu Lee Seung Gi “Because You're My Girl” di samping lagu-lagunya sendiri. PSY mencapai ketenaran internasional pada tahun 2012 ketika lagunya "Gangnam Style" menjadi viral. "Gangnam Style" terdaftar di Guinness World Records sebagai video pertama yang mencapai satu miliar penayangan di Youtube dengan lebih dari 3 miliar penayangan hingga saat ini. “Gangnam Style” juga terdaftar di Guinness World Record untuk video online paling disukai saat itu. Dia juga membawakan lagu itu di Times Square, New York, saat malam tahun baru tahun 2012 di depan lebih dari satu juta orang. 

PSY diperkirakan telah menghasilkan sekitar $ 25 juta USD selama periode 7 bulan dia mempromosikan lagu tersebut dan memenangkan banyak penghargaan. Dia dianggap artis K-Pop pertama yang sukses di industri musik barat dan telah memainkan peran besar dalam memperkenalkan Korea ke seluruh dunia. Dia dianugerahi Order of Cultural Merit oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea sebagai pengakuan atas pencapaian budayanya.

10 . BoA

BoA. (KOREA BOO)

BoA, yang sering disebut sebagai "Queen of Korean Pop", hidup sesuai gelarnya karena ia adalah salah satu yang pertama yang membuat terobosan internasional untuk musik pop Korea. Pada usia 13 tahun, ia memulai debutnya dengan  album pertamanya “Peace B” dan dilanjutkan oleh “Listen to My Heart”, yang menjadi sukses besar di Jepang. Dia adalah satu-satunya artis asing yang telah menjual lebih dari satu juta kopi dari tiga album di Jepang dan merupakan salah satu dari dua artis yang memiliki 6 album berturut-turut peringkat No. 1 di tangga lagu Oricon sejak debutnya. Dia pada dasarnya membuka jalan bagi musik K-Pop untuk memasuki pasar Jepang melalui kesuksesannya. 18 tahun kemudian, ia melanjutkan aktivitasnya sebagai penyanyi dan juga menjadi direktur kreatif SM Entertainment

KOREA BOO | ALL KPOP

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments