hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

30 November 2018, 16:55 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Penceramah Habib Bahar bin Smith dilaporkan ke polisi, pasca ceramahnya yang diduga menyiarkan ujarkan kebencian dan menghina kepala negara. Menanggapi hal ini, Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno mengingatkan agar masyarakat untuk tetap menjunjung kampanye damai.

“Ini terus berulang kejadian ulama dan tokoh masyarakat yang dalam keadaan pilpres seperti ini, tentu kita harus sama-sama berhati-hati menjaga ujaran kita dan menenangkan, menyejukkan suasana,” kata Sandi di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat siang.

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berswafoto bersama emak-emak saat berkunjung ke Tegal, Jawa Tengah, Kamis (25/10/2018). (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Sandi mengaku belum mendengar dengan seksama ceramah yang disampaikan oleh Habib Bahar. “Saya belum mempelajari betul tapi saya menghimbau semua pihak untuk meneduhkan suasana,” ujar Sandi. 

Sandi pun memberikan saran kepada tokoh masyarakat. “Lebih memberikan ceramah kepada masyarakat dan ujaran-ujaran yang mempersatukan dan fokus di bidang ekonomi menurut saya. Karena masyarakat rindu, data kami menunjukkan masyarakat rindu kedua belah pihak yang sama-sama memberikan kesejukan,” tukas salah satu pemilik Group Saratoga ini.

Sandi menambahkan bahwa polisi agar tidak gegabah dalam menangani kasus ini. “Aparat juga harus bijak untuk menyikapi apalagi ini tokoh agama yang banyak pengikutnya, agar meneduhkan suasana jangan sampai lebih memperuncing keadaan,” papar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Habib Bahar bin Smith saat mengisi ceramah di acara haul ke 82 Habib Salim bin Hamid Al-Kaff, Kubah Nagasari, Banjarmasin. (Youtube/RIRA TV)

Sebelumnya, beredar video ceramah Habib Bahar saat mengisi acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kawasan Batu Ceper, Tangerang, pada 17 November 2018. Dalam video berdurasi 60 detik itu, Habib Bahar menyebut Jokowi sebagai banci. “Kalau kamu ketemu Jokowi, kamu buka celananya itu, jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu,” ucap Habib Bahar dalam video tersebut. 

Akibat ujarannya itu, Habib Bahar pun diadukan ke polisi oleh Sekjen Jokowi Mania, Laode Komarudin. Kasus ini tengah ditangani Direktorat Cyber Bareskrim Polri. Setelah semua bukti terkumpul, polisi akan memanggil Habib Bahar bin Smith untuk diperiksa.

ESTHER CRAMER | TIAFANNY FEBRIAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments