hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

28 November 2018, 18:30 WIB

KOREA SELATAN

Ada-ada saja cara orang di kota besar menghilangkan stres dan jenuh. Salah satu yang unik adalah yang sedang tren di Korea Selatan. Warga kota Seoul, rela membayar sekitar Rp1,3 juta untuk merasakan jadi narapidana selama 24 jam. Tentunya bukan di penjara sungguhan, melainkan di sebuah lokasi yang didesain mirip dengan lingkungan penjara.

Tampilan penjara dari luar. (KOREA BOO)
Tampilan dalam penjara. (KOREA TOURISM ORGANIZATION)

Terletak sekitar 60 mil di luar Seoul, fasilitas "Prison Inside Me" di Hongcheon menjadi tujuan para pencari ketenangan batin. Lingkungan penjara palsu ini dibuka tahun 2013 dan telah menjadi tuan rumah lebih dari 2.000 "narapidana".

Para "napi" diberi baju biru sebelum masuk penjara. (KOREA BOO)

Setibanya di lokasi, para tamu diberi seragam penjara biru. Mereka juga diberi makan bubur nasi yang dikirim melalui slot di pintu, dan tinggal di sel berukuran 54 kaki persegi yang dikunci dari luar. Enggak hanya itu, mereka harus mengikuti beberapa aturan ketat termasuk tidak berbicara dengan narapidana lain di luar waktu yang ditentukan dan tidak boleh memegang ponsel serta jam.

Makanan diberi lewat pintu kecil ini. (KOREA BOO)
Suasana di sel. (KOREA BOO)

Meski judulnya penjara, sel di sini memiliki jendela dengan pemandangan indah. Lantai dengan pemanas, meja kecil lengkap dengan set teh, buku dan matras yoga juga tersedia. Tanpa gangguan dari luar, penghuni sel bisa istirahat dengan tenang di sini.Tersedia juga aktivitas luar ruang dimana para “napi” bisa hiking dan menghirup udara segar.

Para "napi" hiking. (KOREA BOO)

Orang-orang yang datang ke sini adalah pekerja kantoran dan para siswa yang perlu istirahat dari rutinitas mereka yang penuh tekanan. Jadi mereka memilih untuk mengunci diri di penjara, menikmati minimnya fasilitas dengan tenang serta menikmati suasana alam yang menyejukkan.

KOREA BOO | KOREAN TOURISM ORGANIZATION

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments