hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

6 November 2018, 06:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

WhatsApp memastikan jika aplikasi untuk mengirim pesan ini akan disisipi oleh iklan. Terobosan ini nantinya bisa dilihat pada bagian status dan akan berputar saat penggunanya sedang melihat status kontak mereka.

Dilansir dari laman Mirror pada 5 November 2018, layanan iklan ini nantinya akan menggunakan sistem iklan yang sama dengan Facebook. Tujuannya agar pengguna lebih memahami layanan yang ditawarkan oleh bisnis tersebut dan berinteraksi dengan bisnis tersebut lewat WhatsApp.

"Kami akan menaruh iklan di-'Status' yang akan menjadi model monetisasi pertama kami bagi perusahaan dan menjadi kesempatan bagi bisnis untuk menjangkau konsumen mereka di Whatsapp," jelas Vice President Whatsapp, Chris Daniels.

(Pixabay)

Menurut kabar yang beredar, hadirnya fitur iklan pada WhatsApp ini sebagai langkah awal Facebook untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang ia beli seharga Rp3,7 triliun tersebut.

Saat ini, aplikasi pengirim pesan yang diciptakan pada tahun 2009 ini sudah memiliki 1,5 miliar pengguna secara global. Dari total pengguna itu, Facebook menyebut bahwa saat ini terdapat 450 juta pengguna yang telah menggunakan fitur Status.

Rencananya, iklan ini mulai hadir di Android beta versi 2.18.305. Untuk para pengguna WhatsApp Android yang bukan penguji beta, iklan di Status WhatsApp dipastikan belum muncul.

(Pixabay)

Sebenarnya, rumor iklan masuk ke WhatsApp sudah lama beredar. Facebook bahkan dikabarkan sudah mengincar skema iklan untuk WhatsApp bahkan sebelum mengakuisisi pada tahun 2014 lalu.

Selain mencari keuntungan lewat iklan, WhatsApp juga mulai berbisnis dengan menawarkan layanan berbayar agar pelaku usaha untuk bisa langsung menghubungi pelanggan via pesan teks.

Perusahaan manapun yang menggunakan layanan ini akan dipungut biaya mulai dari 0,5 sen AS atau sekitar Rp76 untuk setiap pesan yang dikirim ke konsumen potensial, tergantung negara.

METRO

10

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments