hero
(Oddity Central)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

22 Oktober 2018, 17:05 WIB

CINA

Biasanya banyak orang yang sedikit menjaga jarak jika bertemu dengan gelandangan dan pengemis. Tapi seorang pria asal Cina bernama Cai Yanqiu ini justru melakukan hal sebaliknya.

Dikutip dari laman Oddity Central pada 19 Oktober 2018, pria berusia 33 tahun ini memang sudah menghabiskan waktunya untuk membantu gelandangan. Keputusan yang mulia ini Cai ambil sejak tahun 2015 lalu.

Keputusannya itu bermula saat ia sedang menunggu pelanggan di kios miliknya yang terletak di Zhanjiang, Guangdong Cina. Saat itu, dia melihat seorang pria tunawisma tanpa alas kaki lewat. Itu lantas mengingatkannya pada kondisi yang pernah dirasakannya dulu.

Diketahui pada 1994, saudara laki-laki Cai yang menderita epilepsi tiba-tiba saja menghilang dari rumah. Dan 3 hari kemudian, saudaranya berhasil ditemukan dalam kondisi yang buruk lalu tidak lama meninggal dunia.

(Oddity Central)

Cai mengaku teringat ibunya yang terbaring di tempat tidur selama berhari-hari saat pagi hari karena kehilangan saudaranya. Melihat kondisi itu, ia pun memutuskan untuk menolong tunawisma sebisanya.

Akhirnya pada pada bulan Juli 2016, Cai membeli mobil van bekas. Ia mengisinya dengan selimut, perlengkapan mandi, sepeda lipat dan beberapa persediaan makanan untuk para gelandangan sampai mereka bisa kembali ke keluarga.

Enggak cuma itu, Cai juga tak jarang memasak makanan hingga mencukur rambut para gelandangan yang ditemuinya. Saking ingin membantu, Cai bahkan sampai meninggalkan keluarganya untuk mencari gelandangan dan berusaha menyatukan kembali mereka dengan keluarga mereka. 

Hingga saat ini, sudah 90 ribu kilometer jarak yang ia tempuh untuk bisa menolong gelandangan. Untuk bisa meningkatkan kesadaran orang-orang, Cai sering membagikan aktivitasnya melalui sebuah saluran streaming online. Dan sejak dirinya terkenal, banyak sekali pengikutnya yang ingin memberikan donasi kepadanya.

Hingg saat ini, Cai sudah menyatukan lebih dari 50 orang dengan keluarga. Kedepannya ia mengaku akan tetap terus membantu para gelandangan yang ia temui. Ia pun juga mengaku sangat senang karena kini bantuan dana dari para penggemarnya cukup untuk menutupi pengeluarannya.

"Kedepannya jika saya tidak bisa menemukan para gelandangan lagi, itu tandanya perjalanan saya akan berakhir." ungkap Cai.

ODDITY CENTRAL 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments