hero
(FACEBOOK/Pengarah Jpl Wpkl)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

10 Oktober 2018, 17:05 WIB

MALAYSIA

Enggak semua lembaga pemerintahan saat ini menerapkan sistem yang ramah terhadap kaum difable. Bukan hanya bangunan fasilitas umum, tetapi juga pelayanannya. Ternyata kondisi ini juga dialami oleh negara tetangga kita, Malaysia. Seperti yang terjadi di Road Transport Department Malaysia, atau yang akrab disebut sebagai JPJ ini.

Dilansir dari laman World of Buzz pada 8 Oktober 2018, badan pemerintahan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Malaysia ini beberapa waktu lalu kedatangan pasangan difabel tunarungu dan tunawicara. 

Menurut informasi, keduanya datang untuk melaporkan sebuah lembaga mengemudi yang telah menipu mereka. Meski sudah membayar, lembaga mengemudi ini tidak menyelesaikan proses permohonan surat izin mengemudi sampai SIM mereka hampir kadaluarsa. 

Saat tengah membuat laporan, pasangan difabel ini pun mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan petugas karena tidak mengerti cara penggunaan bahasa isyarat. Akhirnya salah satu petugas memutuskan memanggil seorang perempuan bernama Nurul Fatihah Shamsudin Shah. 

Cewek berusia 27 tahun ini adalah petugas JPJ yang memiliki kemampuan berbahasa isyarat. Berkat bantuannya, pasangan difable dan petugas JPJ mampu menyelesaikan laporan yang sedang dibuat.

Nurul sendiri sudah bisa menggunakan bahasa isyarat sejak duduk di sekolah menengah. Saat itu, ia banyak mengisi waktu luangnya dengan belajar bahasa isyarat. Keahliannya itu pun semakin meningkat saat ia harus tinggal di asrama bersama teman-temannya yang menderita tuli dan bisu.

Karena berada di lingkungan yang membuatnya harus bisa berbahasa isyarat, Nurul pun kemudian mengambil kursus kelas bahasa isyarat dari tinggat satu hingga tingkat lima. Aksi Nurul dalam membatu pasangan difabel ini kemudian tersebar luas dalam sebuah video dan menjadi viral di media sosial.

Banyak netizen yang memuji Nurul karena mau membantu orang-orang yang berada di dalam keterbatasan. Enggak cuma menuai pujian dari pengguna media sosial, kementerian tempat Nurul bekerja juga memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap aksinya ini. 

"Kementerian amat berbangga dan memberikan penghargaan kepada Nurul Fatihah atas komitmennya sebagai pejabat Jabatan Pengangkutan Jalan (JPJ) Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dalam memberikan pelayanan yang luar biasa kepada difabel,"ujar Menteri Perhubungan Malaysia, Anthony Loke.

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments