hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

25 September 2018, 18:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kementrian Pemuda dan Olahraga mengambil keputusan untuk mengentikan sementara liga sepakbola selama dua pekan. Keputusan ini diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di kantor Kemenpora Jakarta Pusat, Selasa siang. Keputusan diambil menyusul insiden tewasnya suporter Persija Haringga Sirila di tangan oknum suporter Persib Bandung, Minggu lalu. 

“Pemerintah mendapat laporan berbagai pihak termasuk masukan BOPI. Pemerintah meminta liga sepakbola dihentikan sementara dua minggu sebagai bentuk penghormatan kepada keluarga korban. Ini sebagai bentuk belasungkawa nasional dan ini bentuk introspeksi. Satu nyawa sangat mahal dibandingkan sepakbola,” kata Menpora Imam Nahrawi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. (NET)

Pemerintah meminta PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru melakukan evaluasi dan menegakkan regulasi dengan tegas. Pemerintah berharap selama dua minggu, PSSI melakukan upaya edukasi agar hubungan klub dan suporter dapat lebih baik lagi.

“Pemerintah masih menggarisbawahi tagline PSSI profesional dan bermartabat. Kalau semua dilakukan secara profesional dan bermartabat, hukum ditegakkan, regulasi dilaksanakan secara konsekuen, saya kira kita punya harapan yang lebih besar,” tukas Imam.

Menpora berpendapat penghentian kompetisi selama dua minggu ini mengacu pada Undang-undang dan bukanlah intervensi. Sebelumnya, insiden tewasnya suporter sepakbola kembali terjadi ahad lalu. Haringga Sirila tewas dikeroyok oknum bobotoh Persib Bandung saat akan mendukung Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. 16 orang oknum suporter ditangkap, 8 diantaranya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polrestabes Bandung.

JANUAR YUDHA | RIO PRAMASTA 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments