hero
(Xuehua/China News)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

25 September 2018, 17:05 WIB

CINA

Kasih sayang ibu memang enggak ada batasnya. Seperti yang ditunjukkan Pang Zhihua, ibu dari Bao Han, yang rela mendampingi anaknya sampai kuliah. Tapi cerita mereka enggak biasa karena Bao adalah siswa autis pertama yang bisa kuliah di provinsi Sichuan, Cina tepatnya di Nanjing Normal University of Special Education. 

Menurut Pang, Bao didiagnosa autis saat berusia tiga tahun. Sejak itu, dia mengalami kesulitan belajar dam bergaul dengan teman-temannya. "Ketika anak lain berlarian di halaman, anak saya selalu sendiri di dekat tembok. Kadang orang-orang mengejar dia atau memanggil dia bodoh," kata Pang.

(China News)

Akhirnya demi mendampingi anaknya belajar, Pang memgambil keputusan yang nekat. Dia berhenti dari kerjanya sebagai guru fisika dan menemani Bao selama belajar di sekolah. Pang pernah melamar jadi guru di sekolah anaknya. Tapi lowongan yang tersedia hanya sebagai petugas kebersihan. Pekerjaan ini pun dia ambil, agar bisa mendampingi Bao.

(Xuehua News)

Saat jam belajar, Pang membantu anaknya memahami materi dari guru. Sementara saat jam istirahat, dia mengajarkan Bao untuk bersosialisasi dan bermain dengan teman-temannya. Semua ini dilakukan selama 10 tahun, selama Bao menempuh pendidikan dasar dan menengah. Sampai tiba waktunya Bao memasuki masa kuliah.

"Menjelang ujian, anak saya belajar sangat keras. Dia bangun tiap jam setengah tujuh pagi. Belajar bahasa Inggris dan mengulang materi pelajaran," cerita Pang yang enggak menyangka semua usaha anaknya terbayar. 

(China News)

Bao mendapat kesempatan kuliah seperti anak normal pada umumnya. Dia bergabung dengan mahasiswa lain karena pihak kampus ingin melihat bagaimana cara Bao belajar dan bersosialisasi secara mandiri. 

"Saya sudah tua dan enggak mungkin bisa menjawab semua pertanyaan yang dipelajar Bao. Tapi saya dan suami ingin sedekat mungkin dengan Bao," ujar Pang. Ia dan suaminya berencana pindah ke Nanjing sambil menyewa flat di dekat kampus anak mereka, Bao. 

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments