hero
(WONDERSLIST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

24 September 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kopi jadi minuman yang banyak disukai orang-orang. Enggak heran kalau sekarang ada berbagai coffee shop menawarkan kopi. Mulai dari yang harga kaki lima sampai yang harga bintang lima. Berikut ini tujuh varian kopi yang paling mahal di dunia.

1Starbucks Quadriginoctuple Frap Coffee

Starbucks Quadriginoctuple Frap Coffee. (WONDERSLIST)

Minuman ini adalah varian kopi termahal dari Starbucks. Karena hanya diproduksi dalam jumlah terbatas dan dibuat dengan memakai bermacam bahan. Yaitu 48 mocha frappucino dengan es krim caramel, vanilla chips, stroberi, dan dua pisang. Lalu bubuk protein, bubuk matcha, caramel blues top dan pumpkin spice. Kalau kamu ingin merasakan kopi dengan berbagai rasa, varian ini bisa kamu coba. Kopi ini seharga Rp700 ribu per cup.

2Jamaica Blue Mountain Coffee

Jamaica Blue Mountain Coffee. (WONDERSLIST)

Tanaman kopi ini ditanam pada ketinggian 5000 kaki di Jamaican Blue Mountain. Kawasan ini memiliki curah hujan tinggi sehingga berpengaruh pada kualitas biji kopi yang dihasilkan. Biji kopi yang dipanen juga diproses di area yang sama, baru kemudian dikirim ke tempat lain. Konon, rasa kopi Jamaican Blue lebih ringan dan tidak terlalu pahit. Jamaican Blue coffee banyak diekspor ke negara lain, salah satunya Jepang. Kopi ini seharga lebih dari Rp750 ribu per pound.

3Saint Helena Coffee

Saint Helena Coffee. (WONDERSLIST)

Kopi ini tumbuh di St. Helena Island dan jadi kopi favorit Napoleon Bonaparte. Sejak itu, kopi Saint Helena jadi terkenal. Pulau Saint Helena sendiri terletak di Semenanjung Barat Afrika. Enggak jauh dari Samudera Atlantik.

Faktor geografis ini membuat biaya pengangkutan tinggi dan harga kopi pun ikut mahal. Tapi bagi mereka yang terlanjur nge-fans sama kopi Saint Helena, harga yang mahal enggak masalah. Karena mereka bisa menikmati kopi berkualitas tinggi dengan cita rasa citrus di dalamnya. Harga kopi ini Rp1.171.800 per pound.

4Kopi Luwak

Kopi Luwak. (WONDERSLIST)

Kopi asal Indonesia ini masuk jajaran kopi termahal di dunia karena rasanya yang nikmat. Cita rasa kopi luwak didapat dari prosesnya yang unik. Yaitu melalui proses pencernaan dalam tubuh hewan tersebut. Kopi ini dibanderol dengan harga Rp2.373.300 per pound.

 Enzim dari tubuh luwak membuat rasa biji kopi jadi berbeda dari sebelumnya. Setelah keluar dari tubuh luwak, kopi baru diproses lagi, hingga menjadi minuman yang banyak disukai orang dari berbagai negara. 

5Hacienda La Esmeralda

Hacienda La Esmeralda. (WONDERSLIST)

Kopi Hacienda berasal dari Mt.Baru, Panama, dan ditanam di bawah bayang-bayang pohon guava. Kopi ini sering jadi pemenang kontes-kontes kopi dunia karena rasanya yang nikmat. Buat para pecinta kopi, kamu harus menjajal kopi Hacienda setidaknya sekali seumur hidup. Kopi ini seharga Rp5.191.600 per pound.

6Finca El Injerto

Finca El Injerto. (WONDERSLIST)

Kopi ini diproses khusus. Proses pencuciannya hanya melewati satu tahap. Lalu kopi dipecah jadi dua untuk meningkatkan cita rasanya. Harganya juga mahal karena kopi Fica El Injerto berasal dari biji kopi yang kecil, langka tapi punya kenikmatan rasa yang kaya. Kopi ini dibanderol seharga Rp7.416.600 per pound.

7Black Ivory Coffee

Black Ivory Coffee. (WONDERSLIST)

Kopi ini diproses khusus. Proses pencuciannya hanya melewati satu tahap. Lalu kopi dipecah jadi dua untuk meningkatkan cita rasanya. Harganya juga mahal karena kopi Fica El Injerto berasal dari biji kopi yang kecil, langka tapi punya kenikmatan rasa yang kaya. Kopi ini dibanderol seharga Rp7.416.600 per pound

WONDERSLIST| USATODAY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments