hero
(NET.CJ/Ahmad Syukri)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 Juli 2018, 06:05 WIB

AUSTRALIA

Mau bekerja, liburan sekaligus cari pengalaman merantau di negara lain? Kamu bisa mencoba mengajukan Work Holiday Visa (WHV) ke Negeri Kanguru, Australia. Setiap tahun, pemerintah Australia memberi peluang bagi 1000 WNI yang ingin tinggal sambil bekerja secara legal di negara tersebut. 

Ahmad Syukri, WNI yang kerja sebagai pemetik paprika di Australia. (NET.CJ/Ahmad Syukri)

Ada berbagai lapangan kerja, seperti di cafe, bar, restoran, hotel dan yang paling menarik yaitu bekerja di perkebunan. Eits, jangan underestimate dulu ya. Kerja di perkebunan Australia punya kompensasi yang cukup tinggi loh. Seperti yang dijalani Ahmad Syukri, WNI yang menjadi pemetik paprika di perkebunan Bowen, Queensland, Australia.

Kebun paprika di Australia. (NET.CJ/Ahmad Syukri)

Di hari kerjanya, Ahmad bekerja dari jam 7 pagi sampai 3 sore dengan bayaran 75 sen per ember paprika. Dalam sehari, rata-rata pekerja bisa memetik paprika sebanyak 120-150 ember. Jadi, penghasilan per harinya bisa mencapai 90-112 dollar Australia atau Rp940 ribu- Rp1,1 juta. 

Tapi di balik gajinya yang lumayan, kamu mesti siap bekerja di bawah terik matahari dan mengangkat paprika yang bebannya cukup menguras tenaga. Di sisi lain, kamu bisa mendapat pengalaman baru, yaitu bekerja di kebun dan berkenalan dengan pekerja lain seperti dari Thailand, Korea, Cina dan Italia. 

Paprika yang telah dipetik. (NET.CJ/Ahmad Syukri)

Selain sebagai pekerjaan utama, bekerja di kebun juga merupakan syarat bagi mereka yang ingin memperpanjang visa WHV. Jadi kalau kamu mau bekerja 1 tahun lagi, kamu harus bekerja di perkebunan selama 88 hari. 

Bagi yang tertarik, kamu bisa mengajukan WHV dengan mengisi berkas persyaratan dari pemerintah Australia. Program yang sekaligus bertujuan untuk pertukaran pelajar ini dapat diikuti oleh WNI yang berusia 18-30 tahun. 

NET.CJ AHMAD SYUKRI 

12

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments