hero
(NET/Andreas Pamungkas)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

9 Juli 2018, 14:20 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Nama kedua anak ini viral saat pendaftaran penerimaan peserta didik baru jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Yogyakarta. Oleh orang tuanya, kedua anak ini dinamai RI 1 dan RI 2. Nama lengkapnya Raden Nakula Republik Indonesia 1 Sakti Aji alias RI 1 dan Raden Sadewa Republik Indonesia 2 alias RI 2.

“Kami memang tak mirip, tapi kami kembar, kembar non identik. Lahir 1 Oktober 2000,” ujar RI 1. Namanya unik, saking uniknya ada juga kendala administrasi saat mendaftar sekolah.

“Untuk dukanya terutama di administrasi, tentunya dengan angka 2 itu sangat sulit, tidak ada nama orang itu menggunakan angka,” ujar RI 2.

Aji Danang Wisnugroho, ayah RI 1 dan RI 2. (NET/Andreas Pamungkas)

Aji Danang Wisnugroho dan Suryani adalah pasangan suami-istri yang memberi nama kedua anaknya RI 1 dan RI 2. Tinggal di rumah sederhana dengan mengandalkan pendapatan Aji sebagai sopir wisata, cita- cita besar disematkan pada kedua anak mereka.

“Jadi misal jadi RT itu dipanggil, sambutan dari bapak RT Republik Indonesia 1, dikiranya presiden yang datang, ternyata cuma RT, ya gitu aja,” canda Aji. 

“Dari nama itu saya mengharap besok itu bisa jadi presiden atau wakil presiden, paling enggak gitu,” ujar Aji. “Seperti sungai mengalir saja kalau nanti ditakdirkan jadi presiden dan wakil presiden, karena yang di atas saja,” lanjutnya.

RI 1 membantu RI 2 berlatih fisik. (NET/Andreas Pamungkas)

Terlambat setahun, RI 1 baru akan masuk sekolah kejuruan pada tahun ajaran baru tahun ini. Sementara sang RI 2, terlibat di dunia penerbangan menjadi cita-cita siswa SMK Penerbangan Adisutjipto ini. 

Alhasil, rasa bangga mereka bawa karena membawa nama RI.“Sukanya saya membawa nama harum Republik Indonesia untuk terkenal di dunia,” ujar RI 1 dan RI 2.

ANDREAS PAMUNGKAS 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments